Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Singkat Berkendara SUV Murah Wuling Alvez

Kompas.com - 25/02/2023, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Alvez resmi menjadi pemain baru yang mengisi segmen sport utility vehicle (SUV) ringkas di Indonesia.

Mobil ini hadir tak hanya menawarkan desain serta fitur modern, tapi juga harga yang murah. Tak heran bila Alvez langsung menarik perhatian pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Wuling membanderol Alvez dengan harga mulai dari Rp 209 juta untuk tipe SE, CE Rp 255 juta, dan yang tertinggi sebesar tipe EX sebesar Rp 295 juta.

Dari segi desain, Wuling mencoba menawarkan sebuah SUV yang punya kesan futuristik melalui garis tajam, tanpa meninggalkan kesan stylish sebagai kendaraan city urban yang akan menyasar konsumen muda.

Baca juga: Sensasi Singkat Jajal Fitur Baru Esemka Bima 1.3 di IIMS 2023

Menunjang visualnya, Alvez diberikan pilihan dua warna. Sementara untuk sistem penerangan baik lampu utama, DRL, dan stop lamp sudah mengusung LED.

Wuling Alvez dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Alvez punya tiga tipe, yaitu SE seharga Rp 209 juta, tipe CE seharga Rp 255 juta, dan tipe EX seharga Rp 295 juta.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Wuling Alvez dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Alvez punya tiga tipe, yaitu SE seharga Rp 209 juta, tipe CE seharga Rp 255 juta, dan tipe EX seharga Rp 295 juta.

Bagian kaki-kaki disematkan pelek 16 inci dengan gaya cutting-edge. Padahal bila diisi dengan pelek 17 inci akan membuat tampilannya lebih padat.

Masuk ke interior, kesan mewah Alvez EX yang jadi varian tertinggi terlihat dari balutan sintetis berwarna gelap pada jok, baik di baris pertama dan kedua.

Sementara dasbor diberi kelir senada namun ditambah material soft touch sebagai gimik kemewahan juga sunroof.

Dari sisi kelapangan kabin, baik untuk ruang kaki dan kepala baris pertama cukup memuaskan. Apalagi ditambah dengan model kemudi yang sporty dibalut lapisan sintetis lengkap dengan detail jahitan.

Baca juga: Skema Cicilan Wuling Alvez Paling Murah Rp 3 Jutaan

Kabin Wuling Alvez dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Alvez punya tiga tipe, yaitu SE seharga Rp 209 juta, tipe CE seharga Rp 255 juta, dan tipe EX seharga Rp 295 juta.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Kabin Wuling Alvez dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Alvez punya tiga tipe, yaitu SE seharga Rp 209 juta, tipe CE seharga Rp 255 juta, dan tipe EX seharga Rp 295 juta.

Untuk baris kedua juga tak ada masalah dari ruang kaki untuk tinggi badang 173 cm, hanya saja bila sandaran jok terlalu tegak, bagian atap dengan kepala terasa terlalu rendah. Hal ini juga dipengaruhi gaya desain Alvez yang sedikit melandai di bagian belakang.

Lantas bagaimana dengan sensasi berkendaranya?

Redaksi berkesempatan menjajal singkat Alvez di area test drive IIMS. Momen ini menjadi impresi awal untuk merasakan tenaganya meski di area yang sangat terbatas.

Alvez hadir menggunakan mesin 1.500 cc DVVT, DOHC dengan tenaga yang disalurkan ke roda melalui CVT 105 tk pada 5.800 rpm dan torsi 143 Nm pada 4.000-4.600 rpm.

Baca juga: Suzuki Pede Ignis dan S-Presso Tak Redup di Tengah Dominasi Segmen SUV


Dapur pacunya sendiri seragam dengan Confero, namun output yang dihasilkan memang berbeda.

Saat mesin dinyalakan, deru suara mesin cukup halus. Tenaga putaran bawahnya cukup untuk sebuah SUV ringkas, perpindahan gigi juga terasa mulus tanpa hentakan.

Namun ketika mencoba untuk kickdown dari posisi diam dengan membawa tiga penumpang, respon putaran bawah sedikit lamban, tidak begitu agresif tapi masih dalam kategori cukup.

Baca juga: Suzuki Buka Studi Produksi Grand Vitara Versi Lokal

Sayang ruang pengujian di IIMS memang sangat-sangat terbatas, karena belum sampai menyentuh 60 kpj sudah harus melakukan pengereman. Begitu juga dengan rangkaian fitur yang ada pada teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Konsumen mencoba unit test drive Wuling Alvez di IIMS 2023KOMPAS.com/daafa Konsumen mencoba unit test drive Wuling Alvez di IIMS 2023

Tapi dari sisi manuver saat berbelok, Alvez punya karakter yang mudah dikendalikan dengan radius putar yang bisa diandalkan untuk u-turn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com