BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Wuling

Garap Pasar Anak Muda, Wuling Kenalkan SUV Baru, Alvez, di IIMS 2023, Ini Penampakannya

Kompas.com - 20/02/2023, 15:55 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Setelah membuat gebrakan di segmen electric vehicle (EV) lewat Air ev dan kendaraan niaga ringan melalui Formo Max, Wuling Motors kembali memberikan kejutan.

Kali ini, pabrikan otomotif asal Negeri Tirai Bambu itu mengenalkan Wuling Alvez di segmen sport utility vehicle (SUV) pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2/2023) hingga Minggu (26/2/2023).

Sesuai dengan arti nama Alvez, yakni all at once, SUV kompak tersebut menawarkan paket lengkap berupa desain eksterior yang stylish, interior yang modern, serta inovasi teknologi berkendara di dalam satu produk.

"Sejalan dengan hal tersebut, Wuling pun menyematkan tagline ‘Style & Innovation in One SUV’ pada Alvez. Dengan segala kelebihannya, compact SUV ini ditujukan bagi mereka yang berjiwa muda, bergaya modern, dan cerdas dalam memilih," kata Vice President Wuling Motors Arif Pramadana di Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Hal menarik lainnya adalah SUV kompak tersebut dibanderol dengan harga terjangkau di kelasnya, yakni varian SE Rp 209 juta, tipe CE Rp 255 juta, dan tipe EX Rp 295 juta.

Terkait harga, Brand and Marketing Director Dian Asmahani menjelaskan, harga yang ditawarkan Wuling merupakan bentuk inovasi. Karena ditujukan untuk anak muda, lanjut Dian, inovasi yang ditawarkan Wuling tidak hanya berupa desain bagus, tetapi juga fitur unggul.

“Kami berusaha menjawab kebutuhan tersebut dengan harga yang juga cocok buat anak muda,” imbuhnya.

Baca juga: Wuling Alvez Bikin Penasaran, Antre Panjang di Area Test Drive

Desain penuh gaya

Mobil dengan lima pilihan warna, yaitu merah, hitam, abu-abu, perak, dan putih, tersebut memiliki desain eksterior yang cukup sleek dan stylish dengan dukungan dynamic dual-tone color. Hal ini disesuaikan dengan profil generasi muda.

Desain stylish langsung terlihat pada bagian depan kendaraan berkat keberadaan bumper dengan bold front grille design yang memiliki lekukan garis tegas.

Adapun foglamp dan headlamp mobil tersebut sudah menggunakan lampu jenis light emitting diode (LED). Menariknya, desain headlamp kendaraan tersebut dibuat mirip dengan kendaraan Eropa.

Pada bagian belakang, tampilan Wuling Alvez dibuat lebih sederhana. Meski demikian, bumper belakangnya tetap terlihat atraktif dan sporty. Desain lampu belakang Wuling Alvez juga dibuat mirip dengan headlamp dan sudah menggunakan lampu LED.

Dari sisi kaki-kaki, Wuling menyematkan Alvez dengan pelek alloy two tone berukuran 16 inci.

Kombinasi tersebut membuat Wuling Alvez memiliki tampilan yang fashionable dengan lekuk siluet dinamis serta bodi yang sporty.

Untuk bagian kabin, kendaraan terbaru dari Wuling itu hadir dengan desain modern yang mengedepankan konsep style and sophistication within reach.

Desain modern itu langsung terlihat dari keberadaan electric sunroof yang terbuat dari sejumlah bahan material premium.

Terkait kapasitas, SUV kompak tersebut bisa mengakomodasi hingga lima penumpang dan memiliki kapasitas bagasi yang luas.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Wuling Alvez, SUV Murah Rp 200 Jutaan [Video]

Dilengkapi fitur canggih

Sama seperti SUV premium lain, Alvez juga dibekali sejumlah fitur dan teknologi pintar. Salah satu fitur canggih yang dihadirkan pada kendaraan tersebut adalah Advanced Driver Assistance System (ADAS) untuk mendukung keselamatan berkendara.

Fitur tersebut sudah terintegrasi dengan fitur lain, seperti Adaptive Cruise Control, Bend Cruise Assistance, Traffic Jam Assistance with Lane Keeping Function, Intelligent Cruise Assistance with Lane Keeping Function, dan Safe Distance Warning.

Wuling Alvez dilengkapi dengan sejumlah fitur terbaru. Dok. Kompas.com/Ridwan Arifin Wuling Alvez dilengkapi dengan sejumlah fitur terbaru.

Kemudian, Forward Collision Warning, Collision Mitigation System, Automatic Emergency Braking, Intelligent Hydraulic Braking Assistance, dan Lane Departure Warning.

Selain ADAS, ada juga beberapa fitur penting lain yang disematkan pada kendaraan itu, yakni Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Antilock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan Emergency Stop Signal (ESS).

Tak ketinggalan, Alvez juga dilengkapi fitur Wuling Indonesian Command (WIND) dan Internet of Vehicle (IoV). Melalui fitur WIND, pengguna dapat membuka jendela, mengatur suhu AC, dan mengoperasikan sejumlah fitur lain di kendaraan hanya dengan perintah suara.

Baca juga: Wuling Alvez Mulai Dikirim ke Garasi Konsumen Maret 2023

Dua varian mesin

Dari segi dapur pacu, Wuling Alvez hadir dengan dua varian mesin, yakni turbo dan tanpa turbo.

Untuk mesin tanpa turbo, kendaraan tersebut dilengkapi dengan mesin inline-4 cylinder atau empat silinder segaris berkapasitas 1.485 cc dengan dual variable valve timing (DVVT) dan dual overhead camshaft (DOHC). Mesin yang sudah berstandar Euro 4 ini dikombinasikan dengan pilihan transmisi manual 6 percepatan dan continuous variable transmission (CVT).

Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan mesin tersebut mencapai 105 horse power (hp) pada 5.800 revolutions per minute (rpm) serta torsi puncak di angka 143 Nm pada putaran mesin 4.000-4.600 rpm.

Untuk mesin turbo, Wuling Alvez dilengkapi dengan mesin 1,5 T berkode LJO yang sudah diberi sistem induksi (force induction) paksa turbocharged. Mesin ini sanggup memproduksi tenaga puncak 147 Pferdestärk (PS) dengan torsi 250 Nm. Sebagai catatan, mesin ini hanya dikombinasikan dengan transmisi CVT.

Itulah desain dan spesifikasi dari Wuling Alvez yang resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia. Anda bisa mengunjungi booth resmi Wuling Indonesia pada IIMS 2023 di Hall D, JIExpo Kemayoran, untuk melihat secara langsung SUV kompak terbaru Wuling.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com