BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Wuling

Dari Presiden Jokowi hingga Generasi Muda Kepincut Booth Wuling di IIMS 2023, Ada Apa?

Kompas.com - 22/02/2023, 09:50 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Usai membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2/2023), Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung berkeliling ke area pameran.

Ditemani Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo, Jokowi mengunjungi satu per satu booth dari brand otomotif atau agen pemegang merek (APM).

Saat berada di Hall D, Presiden pun tertarik menyambangi booth Wuling Motors. Jokowi langsung disambut oleh Presiden Direktur Wuling Motors Shi Guoyong.

“Suatu kebanggaan bagi Wuling dapat menyambut Bapak Joko Widodo di booth Wuling. Kami sangat berterima kasih atas dukungan (Presiden) kepada industri otomotif Indonesia dan secara khusus terhadap Wuling beserta kendaraan listrik kami, Air ev,” tutur Shi Guoyong.

Baca juga: Diresmikan Jokowi, IIMS 2023 Dibuka Hari Ini

Di booth seluas 868 meter persegi itu, Presiden tampak kepincut dengan Wuling Air ev. Kendaraan listrik kompak ini memang bukan merupakan hal baru bagi pemerintahan Jokowi. Pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, November 2022, Air ev merupakan salah satu mobil resmi delegasi. Total, ada 300 Air ev yang digunakan di perhelatan tersebut.

Presiden lantas menjajal sendiri kenyamanan ruang kabin Air ev. Meski kompak, Wuling Air ev memiliki ruang kabin nyaman yang bisa mengakomodasi empat penumpang dengan pengaturan 50:50 pada bangku baris kedua.

Saat berada di kabin, Presiden mendapatkan penjelasan langsung oleh pihak Wuling terkait fitur-fitur canggih yang ada pada dasbor mobil, seperti Intelligent Tech-Dashboard. Kemudian, ada juga fitur Multifunction Steering Wheel, Integrated Floating Widescreen, serta Futuristic Center Console.

Wuling Alvez betot perhatian pengunjung

Booth D9 dari Wuling tak hanya membetot perhatian Presiden Jokowi. Pengunjung dari berbagai kalangan, termasuk generasi muda, ikut kepincut dengan mobil-mobil yang dipamerkan Wuling.

Salah satu kendaraan yang menyedot perhatian adalah Wuling Alvez. Wuling sendiri memang secara khusus mengenalkan Alvez sebagai kejutan di ajang IIMS 2023. Spekulasi terkait peluncuran compact sport utility vehicle (SUV) ini juga sudah muncul jauh-jauh hari sebelum penyelenggaraan IIMS.

Teaser Alvez yang diunggah Wuling di akun resmi Instagramnya pada Selasa (7/2/2023) pun disambut positif. Total 1.916 likes didapat dengan beragam komentar bernada penasaran.

Baca juga: Wuling Alvez Bikin Penasaran, Antre Panjang di Area Test Drive

Alhasil, booth Wuling dipenuhi pengunjung yang penasaran dengan SUV kompak tersebut. Terlebih, SUV kompak berdesain stylish dan dilengkapi dengan beragam fitur canggih terkini itu hanya dibanderol di kisaran Rp 200 jutaan untuk on the road (OTR) Jakarta.

Tak hanya di booth, pengunjung juga antusias ketika Wuling membuka program test drive Alvez. Total ada 2 Alvez yang disediakan oleh Wuling untuk dicoba pengunjung.

Berdasarkan laporan koordinator test drive Wuling, Alvez menempati urutan teratas sebagai mobil yang paling banyak diuji oleh pengunjung. Wuling Alvez sudah dijajal ratusan pengunjung pada akhir pekan lalu.

Usai mencoba sejauh satu putaran, banyak peserta mengaku puas dengan performa dari Wuling Alvez. Sigit, salah satunya, mengaku nyaman dengan kemudi Alvez.

“Nyaman, sama untuk setirnya itu lebih enteng dibanding brand yang lain. Bahkan, dengan brand merek Eropa jauh lebih enteng. Oke banget ini, ketimbang sama merek-merek sebelah ini worth it bangetlah,” tuturnya kepada Kompas.com, Minggu (20/2/2023).

Bahkan, salah satu pengunjung bernama Aldo meyakini bahwa Wuling Alvez bakal laku keras di pasar Tanah Air.

Penampakan Wuling Alvez di IIMS 2023. Dok. Kompas.com/Gilang Satria Penampakan Wuling Alvez di IIMS 2023.

“Bagus, menurut saya sesuai dengan harganya yang cuma di bawah Rp 300 juta. Dengan harga di bawah itu dan fitur yang ada, worth it sih. Saya yakin pasti laku keras,” kata Aldo.

Sejumlah pengunjung pun mempertimbangkan untuk membeli Alvez, salah satunya karyawan swasta asal Bogor, Suwitro.

"Performanya enak dan interiornya bagus, bener-bener di luar ekspektasi. Mungkin habis ini langsung bungkus (beli)," ujar Suwitro.

Suguhkan “Experience All At Once”

Kesuksesan Wuling menggaet antusiasme pengunjung memang beralasan. Pada IIMS 2023, Wuling mengusung tema “Experience All At Once”.

“Dengan mengusung tema tersebut, kami ingin mengajak konsumen melihat dan merasakan sensasi berkendara secara langsung di IIMS 2023,” tutur Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani.

Selain Air ev dan Alvez, terdapat delapan produk lain yang diboyong Wuling pada pameran tersebut. Untuk memudahkan pengunjung dalam melihat produknya, Wuling membagi unit kendaraannya ke dalam dua kategori, yakni display dan special display.

Baca juga: Daftar Mobil Wuling yang Dipamerkan di IIMS 2023

Pada kategori display, Wuling memamerkan tujuh produk, yakni Air ev, Almaz Hybrid, Almaz RS Pro, New Confero, New Cortez, dan dua Alvez.

Sementara pada special display, Wuling menampilkan dua unit Air ev yang secara khusus telah dimodifikasi dengan berbagai pilihan aksesori. Air ev pertama dimodifikasi oleh Wuling Motors dan National Modificator and Aftermarket Association (NMAA). Kemudian, Air ev berikutnya dimodifikasi sendiri oleh Wuling dengan mengusung konsep futuristic adventure.

Kategori special display selanjutnya diisi oleh pikap Formo Max hasil kolaborasi dengan brand kedai kopi lokal yang telah memiliki banyak gerai di Indonesia, Kopi Nako.

Lewat kolaborasi tersebut, Wuling dan Kopi Nako menyulap pikap Wuling yang diluncurkan pada Januari 2023 tersebut menjadi sebuah kafe berjalan.

Adapun selain test drive Alvez, Wuling juga memberikan kesempatan kepada pengunjung IIMS 2023 untuk menjajal Air ev, New Cortez, dan Almaz Hybrid.

Bagi pengunjung yang melakukan transaksi selama periode pameran, yakni 16-26 Februari 2023, Wuling juga menyediakan penawaran khusus dengan berbagai kemudahan, seperti uang muka ringan, cicilan terjangkau, dan gratis biaya servis berkala sampai dengan 4 tahun atau 50.000 kilometer (km).

Pengunjung yang melakukan transaksi juga berkesempatan untuk mendapatkan ragam hadiah, seperti logam mulia, drone, smart tablet, smartwatch, wireless car vacuum cleaner, wireless earphone, dan e-money melalui lucky dip. Seluruh promo ini berlaku syarat dan ketentuan.

“Ayo kunjungi booth Wuling dan nikmati rangkaian aktivitas interaktif, penawaran spesial, serta test drive dari lini produk terbaik Wuling. Penawaran kami sayang untuk dilewatkan,” ujar Dian.

Bagi Anda yang penasaran dengan unit display dan ragam penawaran menarik dari Wuling, silakan datang ke IIMS 2023 dan kunjungi booth D9 yang ada di Hall D, JIExpo Kemayoran. 


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com