Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Singkat Jajal Fitur Baru Esemka Bima 1.3 di IIMS 2023

Kompas.com - 23/02/2023, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya Bima EV atau listrik, PT Solo Manufaktur Kreasi, produsen Esemka, juga membawa versi upgrade dari Bima 1.3 konvensional di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Melihat dari sisi eksterior, memang tak ada perbedaan dari versi sebelumnya, namun bila masuk ke bagian interior dan mulai berkendara, baru terasa adanya hal baru yang yang membuat mobil niaga ringannya ini lebih nyaman.

Esemka sendiri menyematkan pembaruan untuk menunjang sisi kenyamanan baik untuk pengendara dan penumpang, berupa pemasangan air conditioner atau AC serta electric power steering (EPS).

Baca juga: Minat Esemka Bima, Ini Skema Cicilannya di IIMS 2023

Esemka Bima 1.3 pikapKOMPAS.com/ADITYO WISNU Esemka Bima 1.3 pikap

Tambahan dua fitur tersebut tak hanya membuat Esemka Bima 1.3 sedikit lebih modern, tapi juga makin mudah untuk dikendarai.

Apalagi ketika sedang berbelok atau bermanuver, karena fungsi dari EPS sendiri berguna untuk meringankan putaran kemudi.

 Hal ini redaksi rasakan sendiri ketika melakukan test drive singkat di IIMS 2023. Ringannya putaran kemudi sudah terasa mulai dari awal mobil bergerak.

Esemka Bima 1.3 pikapKOMPAS.com/ADITYO WISNU Esemka Bima 1.3 pikap

Kehadiran EPS pada Esemka Bima 1.3 tak merepotkan pengendara mengeluarkan banyak tenaga untuk melakukan rotasi kemudi pada tiap tikungan. Bahkan cukup dengan satu tangan, setir mudah dikendalikan sesuai arah jalan.

Sangat berbeda dari versi awal yang redaksi coba beberapa tahun lalu usai peresmian pabrik Esemka yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah.

Baca juga: Seksinya Pasar SUV, Jadi Alasan Suzuki Kembali Bawa Grand Vitara


Meski biasanya bukan menjadi hal yang wajib disematkan pada kebanyakan kendaraan niaga, namun Esemka mencoba memberikan kenyamanan baru dengan menambahkan AC untuk tipe Bima 1.3 versi tertinggi.

Ada harga ada kualitasi, dengan upgrade atau tambahan fitur tersebut otomatis sedikit mendongkrak harga jual Bima 1.3 yang saat ini dipasarkan sebesar Rp 150 juta. Sedangkan untuk versi biasa  sebesar Rp 137 juta.

Dari sisi spesifikasi dapur pacu tak ada perubahan, Esemka masih menyematkan mesin berkapasitas 1.300 cc DOHC 16V yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 85 tk dan torsi 105 Nm dan transmisi manual.

Baca juga: 7 Hari IIMS 2023, Pemesanan Omoda 5 Sudah Melebihi Target

Esemka Bima 1.3 pikapKOMPAS.com/ADITYO WISNU Esemka Bima 1.3 pikap

Bima 1.3 memiliki panjang 4.930 mm, lebar 1.720 mm, dan tinggi 1.995 mm. Dengan dimensi ruang kargo 2.970 mm untuk panjang, lebar 1.740 mm, dan tinggi 470 mm, mobil ini diklaim yang terluas di segmennya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com