Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parkir Mobil Transmisi Manual, Gigi Sebaiknya di Posisi N

Kompas.com - 21/01/2023, 14:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebiasaan pengemudi mobil manual ketika parkir memang ada saja, seperti memposisikan transmisi ke gigi satu.

Katanya, posisi transmisi tersebut bisa mencegah ketika rem tangan tidak berfungsi, mobil jadi tertahan. Padahal, posisi tuas transmisi tersebut sangat rawan, malah bisa membahayakan.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak mengatakan, kalau itu dilakukan oleh orang yang sama dan sudah jadi kebiasaan, tidak masalah. Bahayanya adalah ketika digunakan oleh orang lain, mobil bisa loncat.

Baca juga: Cara Aman Parkir Mobil Transmisi Manual di Tanjakan dan Turunan

Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurunsfmta.com Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurun

"Berbahaya, dia akan starter langsung. Kendaraan lama, walau gigi masuk masih bisa di-starter, tapi sekarang mobil manual harus diinjak koplingnya," ucap Suparna kepada Kompas.com, Sabtu (21/1/2023).

Apalagi jika mobil tadi pakai mesin diesel dan belum ada teknlogi pengaman tersebut. Diesel itu punya torsi yang besar bahkan di rpm rendah, mobil bisa bergerak walau posisi rem tangan aktif, sangat berbahaya.

"Menurut saya memasukkan gigi satu itu salah kaprah. Kalau itu untuk keamanan, mungkin cuma bisa di kondisi tertentu, seperti parkir di tempat ekstrem (tanjakan) tapi tidak bisa digeneralisir ke semua kasus," ucapnya.

Baca juga: Apakah Benar Mobil Manual Lebih Kuat Melibas Tanjakan?


Kalau parkir biasa, tidak perlu lagi masukkan ke gigi satu, rem tangan cukup menahan kendaraan. Tidak ada alasan rem tangan tidak bekerja sempurna, berarti pemilik tidak merawat kendaraan dengan baik.

"Kalau misal karena rem tangan enggak bagus, rem tangannya dibagusin. Makanya selalu lakukan servis berkala secara rutin, agar fungsi komponen kendaraan selalu terjaga," ucap Suparna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com