Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2023, 10:12 WIB

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com - Mobil bekas memang memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Terutama dengan harga yang relatif lebih murah daripada mobil baru.

Bahkan tidak sedikit mobil bekas dijual dengan kondisi yang masih baik mulai tampilan, fitur serta performanya.

Hanya saja calon pembeli perlu waspada bila mobil tersebut pernah tabrakan. Pasalnya tidak sedikit penjual mobil tidak sempurna dalam memperbaiki mobil bekas tabrakan untuk menekan biaya yang dikeluarkan.

Baca juga: Ketahui Aturan Jaga Jarak Aman agar Terhindar dari Tabrakan Beruntun

RINGSEK--Inilah kondisi mobil Toyota Vios yang dikemudikan Soegeng Harijanto (51, korban kecelakaan beruntun yang melibatkan dua mobil dan satu sepeda motor di depan PT Inka Multi Solution (IMS) di  ruas jalan Madiun – Surabaya,  Desa Bagi, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu (25/8/2022) sore. Mobil korban ringsek setelah bertabrakan dengan mikrobus lKOMPAS.COM/Dokumentasi Polres Madiun RINGSEK--Inilah kondisi mobil Toyota Vios yang dikemudikan Soegeng Harijanto (51, korban kecelakaan beruntun yang melibatkan dua mobil dan satu sepeda motor di depan PT Inka Multi Solution (IMS) di ruas jalan Madiun – Surabaya, Desa Bagi, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu (25/8/2022) sore. Mobil korban ringsek setelah bertabrakan dengan mikrobus l

Pemilik Garasi Mobkas Gunung Kidul Agus Dwi Giyanto alias Om Cilok, mengatakan ciri mobil bekas pernah mengalami kecelakaan bisa dilihat dengan cara sederhana saja.

“Dilihat saja dari lekukan kap mesin ketika ruang mesin dibuka, dari situ akan ketahuan apakah kap mesin tersebut sudah pernah diganti, atau diperbaiki, bila diperbaiki biasanya ada bagian yang tidak rapi mulai dari lempengan, atau catnya,” ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (19/1/2023).

Dia juga mengatakan kap mesin yang pernah diperbaiki umumnya terlihat rapi dari bagian atas mobil, tapi sebenarnya itu merupakan hasil dari perbaikan.

Baca juga: Cara Mudah Identifikasi Awal Mobil Bekas Tabrakan dari Bagian Ini

RINGSEK—Inilah kondisi mobil Toyota Avanza AE 1953 AA yang bertabrakan dengan truk pengangkut tebu di ruas jalan Madiun-Surabaya di Desa Tiron, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Senin (8/8/2022).KOMPAS.COM/Dokumentasi Polres Madiun RINGSEK—Inilah kondisi mobil Toyota Avanza AE 1953 AA yang bertabrakan dengan truk pengangkut tebu di ruas jalan Madiun-Surabaya di Desa Tiron, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Senin (8/8/2022).

“Bisa diperiksa kap mesinnya masih berupa kaleng atau sudah dempulan, biasanya boleh dipukul pakai tangan untuk mendengarkan suaranya, kalau masih kaleng kan bunyinya nyaring,” ucap Agus.

Dia juga mengatakan bila kap mesin sudah pernah diganti memang kondisi akan terlihat lebih rapi hanya saja perlu memeriksa komponen lain.

“Kalau kap mesin pernah diganti itu kondisinya akan lebih rapi, tapi perlu memeriksa komponen lain, karena dampak kecelakaan bisa mengakibatkan kerusakan cukup kompleks,” ucap Agus.

Baca juga: Awas Tertipu Penampilan, Kenali Tanda Mobil Bekas Tabrakan

diler mobil bekas Jordy Mobil MGK Kemayoran Kompas.com/ Janlika Putri diler mobil bekas Jordy Mobil MGK Kemayoran

“Bisa melihat upron atau lempengan yang berada di bawah kap mesin bagian depan, itu sebagai dudukan radiator dan lainnya, kalau terjadi kecelakaan bagian depan, komponen ini sudah tidak akan persisi lagi, bengkok dan lain sebagainya,” ucap Agus.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.