Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kelas Bus AKAP yang Punya Layanan Makan Gratis

Kompas.com - 20/01/2023, 08:12 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Layanan dari bus antar kota antar provinsi (AKAP) saat ini kian kreatif dalam memberikan berbagai fasilitas bagi penumpang. Maka dari itu, persaingan perusahaan otobus (PO) dalam menarik pasar juga kian ketat.

Setiap penumpang yang membeli tiket bus AKAP akan mendapatkan makan gratis selama di perjalanan menjadi salah satu layanan dari PO. Artinya, penumpang yang telah memiliki tiket bus bisa makan gratis tanpa keluar uang lagi.

Namun ada pula bus AKAP yang tidak memberikan pelayanan serupa, sehingga penumpang harus membayar makanan sendiri begitu di tempat pemberhentian.

Baca juga: Ini Motor Royal Enfield Paling Laku Sepanjang 2022

Aswindo Artha, agen dari PO Haryanto mengatakan perusahaan memberikan layanan makan gratis bagi penumpang bus AKAP di seluruh kelas executive.

“Kami menyediakan layanan makan untuk kelas non ekonomi saja,” kata Aswindo kepada Kompas.com, Kamis (20/1/2023).

Untuk layanan makan gratis ini PO Haryanto menawarkan dalam bentuk prasmanan kepada penumpang. Jadi nantinya pada jam tertentu bus AKAP akan mampir ke sebuah rumah makan yang menawarkan menu prasmanan bagi para penumpang.

“Biasanya durasi untuk makan penumpang yaitu 30 menit. Setelah itu bus AKAP akan kembali melanjutkan perjalan,” kata Aswindo.

Kabin Bus AKAP baru PO HaryantoDOK. ADIPUTRO Kabin Bus AKAP baru PO Haryanto

Sementara itu, PO Rosalia Indah memberikan penumpang makan gratis untuk semua kelas bus AKAP. Hanya saja, menu makanan dari setiap setiap kelas akan dibedakan. Sementara itu untuk layanan bus travel biasanya penumpang akan diberikan paket cemilan gratis.

“Semua penumpang PO Rosalia Indah untuk seluruh rute dan juga kelas bus akan mendapatkan layanan makan,” kata Adimas Rosdian, Direktur PT Rosalia Indah Transport kepada Kompas.com, Kamis (19/1/2023).

Baca juga: Mesin Agya dan Ayla Lawas Bergetar, Apa Penyebabnya?

Lalu agen dari PO Gunung Harta mengatakan fasilitas tersebut hanya akan diberikan kepada kelas executive bus AKAP. Penumpang akan mendapatkan satu kali makan gratis pada saat bus singgah ke rumah makan.

Kemudian diberikan juga paket cemilan pada saat di perjalanan. Namun, jika ada promo seperti untuk rute Jakarta – Denpasar, pelanggan bisa mendapatkan makan gratis sebanyak dua kali.

“Untuk durasi makan penumpang akan dilakukan berdasarkan keadaan jalan yang dilintasi,” kata agen dari PO Gunung Harta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com