Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Terbaru BMW X3 M Berstatus Mobil Listrik

Kompas.com - 16/12/2022, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW diketahui sedang mengetes generasi terbaru dari X3. Belum lama ini, dikabarkan juga bahwa X3 M bakal berubah status menjadi mobil listrik di masa depan.

Dikutip dari Motor1.com, Jumat (16/12/2022), BMW berencana untuk menghentikan utilitas mesin 6-silinder segaris milik X3 M. Sebagai penggantinya, motor listrik yang akan menjadi penggeraknya.

Baca juga: BMW X3 M dan X4 M, Goda Para Sultan Indonesia

Artinya, X3 M versi elektrik nantinya akan menggunakan arsitektur Neue Klasse. Arsitektur tersebut memang dikhususkan untuk mobil listrik.

BMW X3Dok. BMW BMW X3

Namun, mobil listrik tersebut baru akan dipamerkan pada 2026 atau 2027. Sebab, generasi berikutnya dari X3 baru akan meluncur pada 2025.

Untuk iX3 M, diyakini motor listriknya akan menghasilkan tenaga lebih besar dari X3 M. Sebagai gambaran, untuk tipe Competition, X3 M saat ini memiliki tenaga mencapai 503 tk dan torsi 600 Nm.

Baca juga: Spesifikasi BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition

BMW X3Dok. BMW BMW X3

Namun, meskipun nantinya iX3 M memiliki tenaga yang sangat besar, perlu diketahui bahwa mobil listrik memiliki bobot yang lebih berat karena adanya baterai. Sehingga, power-to-weight ratio yang dihasilkan belum tentu signifikan perbedaannya.

Tak menutup kemungkinan juga BMW Group Indonesia akan memasarkannya jika mobil tersebut sudah diluncurkan. Tahun ini, BMW sudah memasarkan i4 dan iX. Lalu, akan diikuti sedan listrik premium i7 pada 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com