Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Produksi Lokal Skutik Bongsor Aprilia SR-GT 200

Kompas.com - 13/12/2022, 09:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Aprilia SR-GT 200 resmi meluncur di Indonesia pada Juli 2022. Motor yang diperkenalkan di MotoGP Mandalika Maret lalu ini jadi tonggak Aprilia terjun di segmen skutik bongsor.

Secara kubikasi, SR GT 200 berdiri sendiri di tengah kelas 150 cc dan 250 cc. Namun jika dilihat dari segmentasi, motor ini bertarung di kelas 250 cc yang dihuni Honda Forza dan Yamaha XMAX.

Ayu Hapsari, PR & Communication Manager PT Piaggio Indonesia, mengatakan, Aprilia SR-GT 200 mendapat sambutan yang cukup baik oleh konsumen Tanah Air.

Baca juga: Injak Kopling atau Rem Dahulu Saat Kurangi Kecepatan Mobil Manual?

Peresmian Pabrik Piaggio Group di IndonesiaFoto:Piaggio/TONY Peresmian Pabrik Piaggio Group di Indonesia

Aprilia SR-GT 200 disinyalir jadi model selanjutnya yang menemani Vespa LX untuk diproduksi dari pabrik di Cikarang, Jawa Barat.

Terlebih Piaggio Indonesia punya rencana untuk merakit lokal merek lain yang masih berada dalan naungan perusahaan.

“Bukan hanya Vespa saja, yang pasti rencana kita ke depan itu adalah brand-brand yang kita punya,” ujar Ayu, kepada wartawan di Tangerang (10/12/2022).

Baca juga: Honda SH160i Meluncur Pakai Mesin PCX 160

“Tapi aku enggak bisa pastikan, kapan SR-GT, kapan yang lain-lain itu belum bisa pastikan. Karena mereka pasti punya long term plan-nya. Kalau SR-GT saat ini dari Vietnam,” kata dia.

Seperti diketahui, Aprilia SR-GT 200 dibekali mesin single silinder 174 cc 4-klep SOHC bependingin cairan dan dilengkapi teknologi i-get. Mesin tersebut diklaim punya tenaga 17,6 tk di 8.500 rpm dan torsi puncak di 16,5 Nm di 7.000 rpm.

“(Kriteria produksi lokal) aku enggak hapal, tapi pastinya ada. Karena untuk bangun pabrik perlu banyak riset, harus memastikan kalau pakai komponen lokal, harus sesuai sama Piaggio Group. Makanya buat kami itu adalah long term investment,” ucap Ayu.

Baca juga: Daftar Jalan Tol Baru dan Fungsional yang Siap Beroperasi Saat Nataru

Wartawan mendapat kesempatan mencoba mengendarai motor Aprilia SR-GT di Jakarta, Sabtu (16/7/2022). Aprilia SR-GT, premium skuter sporty resmi meramaikan pasar otomotif Indonesia.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Wartawan mendapat kesempatan mencoba mengendarai motor Aprilia SR-GT di Jakarta, Sabtu (16/7/2022). Aprilia SR-GT, premium skuter sporty resmi meramaikan pasar otomotif Indonesia.

Sebagai informasi, Aprilia SR-GT 200 resmi meluncur dalam dua varian, yakni tipe standar yang dijual Rp 60 juta, dan tipe Sport dengan harga Rp 61,5 juta OTR Jakarta.

Selain dari sisi harga, perbedaan keduanya terletak pada grafis livery, kombinasi warna jok, dan kelir pelek.

Untuk tipe standar, SR-GT 200 tersedia dalam pilihan warna Aprilia Black, Street Grey, dan Infinity Blue. Sementara pada tipe Sport, terdapat pilihan Street Gold, Iridium Grey, dan Red Raceway.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com