Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pindah Motor dari Yamaha ke Aprilia, RNF Racing Mulai dari Nol

Kompas.com - 17/11/2022, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - RNF Racing Team satu-satunya tim di MotoGP yang berganti merek motor pada 2023. Setelah seri final di Valencia pada hari Minggu, tim langsung mengganti motor Yamaha YZR-M1 menjadi Aprilia RS-GP.

Dua motor baru tersebut disiapkan untuk hari tes resmi hari Selasa. Musim depan RNF Racing Team resmi menjadi tim satelit Aprilia dengan duet pebalap yaitu Miguel Oliveira dan Raul Fernandez.

Baca juga: Perhatikan, Cover Mobil Jangan Keseringan Dicuci

Manajer tim RNF Aprilia Wilco Zeelenberg mengatakan, tidak mudah untuk mengganti motor dan langsung melakukan tes perdana. Tim harus mencari data baru untuk dimasukkan ke komputer.

Manajer tim RNF Aprilia Wilco ZeelenbergFoto: Motorsport-Total.com Manajer tim RNF Aprilia Wilco Zeelenberg

"Tidak lagi mudah untuk menukar motor dari satu hari ke hari berikutnya dan langsung berkendara. Kami juga harus menyiapkan semua komputer dan server lagi," kata Wilco mengutip Motorsport-Total.com, Kamis (17/11/2022).

"Kami menyiapkan tiga setengah hingga empat bulan untuk melakukan semuanya dalam enam jam. Hari Minggu (usai balapan) data Yamaha, semuanya dikeluarkan dari kotak dan koneksi dihentikan. Data harus diserahkan," kata dia.

Tim langsung mulai bekerja dengan Aprilia. Zeelenberg mengatakan tim hanya memiliki dua motor untuk pengujian awal dan memulai dari nol.

Baca juga: Cara Membedakan Oli Mesin Palsu dan Asli

Tim RNF Aprilia melakukan tes resmi Valencia.Foto: Motorsport-Total.com Tim RNF Aprilia melakukan tes resmi Valencia.

"Aprilia mempersiapkan motor ini untuk kami dengan sangat baik. Untuk pertama kalinya Aprilia melengkapi tim kedua di MotoGP modern," kata dia.

Ketika ditanya bagaimana hubungan kerjasama RNF dengan Aprilia, Wilco tidak bisa menjawab. Apakah seperti Pramac Ducati yakni "tim pabrikan kedua" atau tim satelit klasik ala Gresini Racing dan VR46 Racing.

"Saya tidak tahu. Tergantung Anda ingin menyebutnya apa," kata Zeelenberg.

Baca juga: Angka Produksi Pabrikan Mobil Oktober 2022 Menurun

Peluncuran tim dan livery WithU RNF Yamaha untuk MotoGP 2022Dok. MotoGP Peluncuran tim dan livery WithU RNF Yamaha untuk MotoGP 2022

"Kami adalah tim satelit Aprilia. Makanya saya menyebutnya begitu. Namun, mantan pebalap itu menegaskan akan ada kerja sama yang sangat erat, Ya, saya merasa sangat dekat. Tapi begitu juga dengan Yamaha," kata dia.

Selama tes di Valencia, mekanik dari tim uji Aprilia berada di paddock RNF Racing untuk memberikan bantuan. Sebab para mekanik RNF terlebih dahulu harus mengenal Aprilia dan memahami bagaimana harus bekerja.

Musim depan, dua insinyur Aprilia akan berada di RNF Racing. Ada juga tambahan mekanik dari Aprilia dan satu mekanik dari Suzuki juga sudah direkrut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com