Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Perintis Tambah 2 Bus Baru, Mengandalkan Interior Selonjoran

Kompas.com - 09/12/2022, 07:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPO Perintis, perusahaan bus asal Kalimantan Barat kembali menambah kekuatan baru. Sama seperti sebelumnya, PO Perintis memercayai Karoseri Tentrem untuk membuat bus terbaru.

Untuk bodi yang digunakan adalah Avante H8 yang dipasang ke sasis Mercedes Benz OH 1526. Berarti, unit terbaru ini akan memiliki bodi bergaya double glass khas Karoseri Tentrem yang punya bentuk khas dibanding buatan karoseri lain.

Soal tampilan luar, memang tidak begitu berbeda dengan Avante H8 lain. Perbedaan paling mencolok ada pada kabin bus, di mana dengan panjang 12 meter, total bangku di dalamnya cuma ada 17 saja dengan susunan dua kanan satu kiri (2-1).

Baca juga: Subsidi Rp 6,5 Juta buat Motor Listrik Dapat Kritik dari DPR

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Hisyam N (@hisyam_2542)

 

Dimas Raditya, Sales Staff Karoseri Tentrem mengatakan, fasilitas yang ada di kabin bus ini bisa dibilang super nyaman, apalagi soal bangkunya.

“Bangku plus leg rest, foot rest meja 2 pcs. Jadi sandaran kaki sangat panjang,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Kamis (8/12/2022).

Kalau leg rest sampai foot rest dipasang, penumpang bisa selonjoran penuh. Apalagi dengan kapasitas bangku yang cuma sedikit, kaki tidak akan menyentuh bangku di depannya karena jarak yang sangat lega.

Baca juga: Spesifikasi Bus Listrik PT MAB yang digunakan PT Bukit Asam


“Fasilitas lainnya ada dispenser charger di setiap bangku, dan toilet,” ucap Dimas.

Selain itu, ada juga sekat di bagian depan, jadi ruangan pengemudi dan kru terpisah dari penumpang. Kelebihan lainnya lagi adalah ruang tadi bisa dijadikan sebagai smoking area dan asap tidak mengganggu penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com