Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan Teknologi PHEV Versus Hybrid Biasa

Kompas.com - 30/11/2022, 10:22 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik digadang-gadang bisa menjadi kendaraan yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas buang. Pemerintah juga mendukung program mobil listrik dengan berbagai peraturan yang menguntungkan untuk produsen dan pemakai mobil listrik.

Namun, untuk mencapai peralihan penggunaan mobil listrik secara menyeluruh tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Bahkan, diperlukan mobil-mobil lain yang lebih cocok, yang lebih bisa diterima masyarakat.

Seperti mobil-mobil hybrid dan PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) yang memiliki harga jual lebih terjangkau jika dibandingkan dengan mobil listrik murni. Selain itu, pengurangan emisi gas buang yang dihasilkan dari mobil hybrid juga cukup bagus.

Baca juga: Kenapa Mobil PHEV Lebih Irit BBM daripada HEV?

Foto stok: All New Lexus RX PHEV.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: All New Lexus RX PHEV.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, PHEV bisa dikatakan lebih unggul daripada mobil hybrid karena beberapa poin.

“PHEV memiliki rata-rata konsumsi bahan bakar lebih irit daripada mobil hybrid, hal ini dikarenakan PHEV bisa mengandalkan motor listrik lebih lama, jadi mesin bakar tidak perlu bekerja sementara itu,” ucap Didi kepada Kompas.com, Minggu (28/11/2022).

Dia juga mengatakan dengan kondisi tersebut, maka emisi gas buang yang dihasilkan PHEV menjadi lebih sedikit jika dibandingkan mobil hybrid dengan menempuh jarak yang sama panjang.

Baca juga: Ini Perbedaan Teknologi PHEV, HEV, dan BEV

Toyota Prius PHEV di Kompas otomotif ChallengeKOMPAS.com/GILANG Toyota Prius PHEV di Kompas otomotif Challenge

“Keunggulan lainnya, PHEV bisa melakukan pengisian baterai menggunakan wall charger sehingga akan mengurangi permintaan dalam sistem untuk mengisi daya baterai dengan mesin bakar,” ucap Didi.

Dia juga mengatakan PHEV dibekali kapasitas baterai yang lebih besar daripada mobil hybrid guna menunjang itu semua.

“Bila menggunakan data Toyota Prius, PHEV dibekali baterai berkapasitas 8.8 kWh, sedangkan HEV (hybrid biasa) hanya 1.31 kWh, itu menunjukkan selisih kapasitasnya cukup jauh,” ucap Didi.

Baca juga: Penjelasan Perbedaan PHEV dan Hybrid

Chery Tiggo 8 Pro PHEVDok. Autoindustriya.com Chery Tiggo 8 Pro PHEV

Dia juga mengatakan dengan kapasitas baterai yang lebih besar, maka PHEV memungkinkan bisa dioperasikan dengan tanpa bahan bakar minyak lebih lama.

Meski tidak dianjurkan untuk mengoperasikan PHEV atau pun HEV dengan bensin kosong, faktanya kedua mobil tersebut mampu melakukan hal tersebut sampai batas tertentu.

Jadi, itu tadi keunggulan PHEV jika dibandingkan dengan mobil hybrid murni atau HEV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com