Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Bukan Awet, Ini Efek Buruk Ritual Angkat Wiper Saat Parkir |Tidak Perlu Ribet, Begini Cara Perpanjangan SIM secara Online

Kompas.com - 30/11/2022, 06:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengangkat wiper saat parkir mobil di bawah terik matahari seolah menjadi ritual wajib bagi pemilik kendaraan. Perilaku ini dianggap solusi untuk mencegah karet wiper rusak.

Meskipun demikian, banyak yang belum paham dampak negatif dari kebiasaan mengangkat wiper. Karena ternyata ritual tersebut bisa membuat komponen lain mengalami kerusakan, termasuk bagian karet.

"Dampak positifnya karet awet jika caranya benar, tujuannya mencegah secara langsung kaca panas bergesekan wiper. Akan tetapi, pegas wiper jadi harus beberapa kali tertarik," ucap Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto kepada Kompas.com, Senin (28/11/2022).

Baca juga: Video Viral Aksi Ugal-ugalan Bus Sumber Selamat Terekam Kamera

Selain itu, seiring dengan perkembangan teknologi, kini para pengendara tidak perlu lagi repot untuk datang ke kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) Polri dan mengantre untuk memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM).

Sebab, aktivitas tersebut bisa dengan mudah dilakukan secara online melalui ponsel. Tidak sampai di sana, SIM juga bisa dikirim ke rumah pemohon setelah menuntaskan persyaratan administrasi.

Jadi tidak ada alasan lagi bahwa pengendara tidak sempat melakukan perpanjangan SIM. Sekaligus, pengendara bisa menghindari denda tilang apabila terjadi operasi.

 

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa,29 November 2022 : 

1. Bukan Awet, Ini Efek Buruk Ritual Angkat Wiper Saat Parkir

Deretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat.Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat.

Pegas wiper yang diangkat berulang kali atau bahkan setiap hari, berpeluang mempercepat keausan.

Mekanisme komponen pegas digunakan untuk menggerakkan wiper saat bekerja saat menyapu air.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.