Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah RI Siapkan 6.161 Kendaraan untuk KTT G20 di Bali

Kompas.com - 30/08/2022, 17:56 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – KTT ke-17 G20 rencananya akan diselenggarakan di Bali pada 15-16 November 2022. Dalam acara tersebut kendaraan listrik akan digunakan sebagai moda transportasi.

Sebelum pelaksanaannya, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meninjau kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan beberapa kendaraan delegasi di Nusa Dua, Bali.

"Ada beberapa jenis mobil, motor, dari Genesis, ada juga dari Hyundai, ada juga Wuling, ada juga Lexus ada juga motor-motor jadi ada beberapa jenis," ujar Ma’ruf Amin, disitat dari Antara, Selasa (30/8/2022).

Baca juga: MotoGP Mulai Sepi Penonton, Lorenzo Ungkap Penyebabnya

Lexus UX 300e di GIIAS 2022KOMPAS.com/Serafina Ophelia Lexus UX 300e di GIIAS 2022

Sebagai informasi, Pemerintah RI menyediakan total 6.161 unit kendaraan delegasi dan pengamaman untuk mendukung KTT G20.

Satu negara disebut akan menggunakan 15 mobil listrik, yang terdiri dari 10 rangkaian VVIP dan 5 rangkaian untuk pasangan kepala negara/pemerintahan.

Untuk rombongan VVIP disiapkan 123 unit Genesis G80, bagi delegasi akan ada 246 unit Hyundai Ioniq 5. Sementara untuk ‘lead car’ akan ada 124 unit Hyundai Ioniq, dan pengamanan disiapkan 123 unit Lexus UX300e.

Baca juga: Korlantas Polri Usul Pajak Progresif Kendaraan Dihapus

Kemudian, ada juga 290 unit kendaraan motor untuk patroli pengawalan dan 300 unit Wuling Air EV sebagai kendaraan operasional.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan, seluruh kendaraan listrik untuk KTT G20 tersebut mendukung konversi mobil listrik yang sedang digalakkan pemerintah.

"(Mobil listrik ini) pengadaan dan sekaligus karena seperti yang disampaikan Pak Wapres, industrinya sudah ada di Indonesia, di Jakarta kita bertahap produksinya akan berjalan," kata Luhut, pada kesempatan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com