KTM-Bajaj Bakal Kolaborasi Bikin Motor Listrik High End

Kompas.com - 01/08/2022, 16:27 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Hubungan KTM dan Bajaj sudah dimulai sejak 2007. Selama 15 tahun terakhir, keduanya berkolaborasi mengembangkan proyek strategis di beberapa model.

Kini kedua merek beda benua itu akan mengembangkan motor listrik. Usaha patungan terbaru melibatkan platform motor listrik yang fokus pada skuter listrik dan kendaraan mobilitas perkotaan.

Namun Direktur Eksekutif Bajaj Auto Rakesh Sharma membocorkan, bahwa pihaknya dan KTM tak cuma akan bermain di segmen skuter listrik entry level melainkan juga motor sport listrik kelas atas.

Baca juga: Dorong Minat Bayar Pajak Kendaraan, Polisi Mau Bebaskan BBN-KB

KTM 450 Rally Replica 2023Foto: Greatbiker KTM 450 Rally Replica 2023

"Kami juga sedang berdiskusi dengan KTM (dan) ada kerja sama yang sedang berlangsung di mana kami mencari platform untuk sepeda motor listrik kelas atas," ungkap Sharma dikutip dari Rideapart, Senin (1/8/2022).

Hal ini sesuai dengan tren yang berkembang saat ini di mana produsen motor Eropa mulai bergeliat menghadirkan motor listrik di segmen premium.

Seperti diketahui, Energica merupakan salah satu merek motor listrik premium kini mulai kedatangan banyak pemain. Ducati resmi memamerkan motor balap MotoE V21L pada Juni 2022 yang merupakan basis motor listrik model massal Ducati.

Pabrikan asal Inggris, Triumph juga sudah mempresentasikan prototipe TE-1 pada Juli 2022. Kemudian dari Amerika Serikat ada Harley-Davidson dengan Livewire dan Zero Motorcycles.

Baca juga: Cek Daftar Harga Skutik Murah pada Agustus 2022

Bajaj Pulsar NS250Dok. Paultan.org Bajaj Pulsar NS250

Meski sudah membocorkan rencana KTM dan Bajaj ke depan, Sharma enggan menyebut kapan proyek motor listrik tersebut dimulai.

"Tentu saja ada di layar radar (Bajaj dan KTM), dan itu akan diumumkan pada waktu yang tepat," kata dia.

Alhasil publik harus menunggu KTM untuk secara resmi mengakui berita tersebut, tetapi setidaknya ada gambaran bahwa KTM mulai terpikir membuat "Super Duke listrik."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber rideapart


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.