Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Mencuci Ruang Mesin Mobil dengan Air Bertekanan?

Kompas.com - 30/07/2022, 16:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci mobil di tempat steam kadang menjadi solusi ketika malas melakukannya sendiri. Kadang, petugas cuci menawarkan apakah ruang mesin mau sekalian dicuci atau tidak.

Cara yang kerap dilakukan adalah mesin disiram langsung dengan air. Hal ini dilakukan agar proses pencucian lebih cepat dan nantinya tinggal dikeringkan saja.

Tapi, apakah mencuci ruang mesin dengan cara langsung disiram dengan air bertekanan aman dilakukan?

Baca juga: Penting Memilih Oli yang Tepat untuk Mobil Mesin Diesel

cuci mobil (kompas.com/janlika)janlika cuci mobil (kompas.com/janlika)

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, sebenarnya aman saja untuk dicuci dengan air bertekanan, tapi ada syaratnya.

"Asalkan komponen kelistrikan ditutup dengan plastik untuk menghindari kerusakan," ucap Didi kepada Kompas.com, Jumat (29/7/2022).

Mengingat ruang mesin diisi dengan berbagai komponen, misalnya seperti alternator yang termasuk dalam bagian kelistrikan. Jika sering terkena air, khawatir alternator jadi lebih cepat rusak.

Baca juga: Ini Varian Hyundai Palisade yang Jadi Favorit Konsumen


"Misalnya kalau altenator, sensor-sensor, atau konektor kena air, lama-lama karat dan berpotensi tidak bisa sebagai konduktor," kata Didi.

Selain itu, ketika menyiram ruang mesin dengan air bisa muncul pontesi korsleting. Mengingat bisa saja ada kabel yang terkelupas namun tidak terlihat oleh mata, ini yang bisa berbahaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com