Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Belanda 2022: Bagnaia Menang, Anak Buah Rossi Naik Podium

Kompas.com - 26/06/2022, 19:42 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

ASSEN, KOMPAS.com - Pebalap Ducati Francesco Bagnaia menjadi juara pada MotoGP GP Belanda, Minggu (26/6/2022), di Sirkuit Assen. Selain itu, pebalap Mooney VR46 Ducati, Marco Bezzecchi sukses mengunci podium kedua.

Pebalap Aprilia Maverick Vinales juga mampu meraih podium ketiga. Sedangkan posisi keempat ada rekan setimnya, Aleix Espargarpo

Balapan berlangsung dengan seru, dimana ada insiden yang melibatkan dua pemimpin klasemen, Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro. Keduanya saling bersenggolan, dan kehilangan posisi terdepan.

Jalannya Balapan

Francesco Bagnia yang meraih pole position langsung melaju di awal start dan memimpin balapan. Pecco dibuntuti oleh pebalap Aprilia Aleix Espargaro yang merangsek ke depan usai start dari posisi kelima.

Adapun posisi ketiga dan keempat di tempati pebalap tim pabrikan Yamaha Fabio Quartararo dan Jorge Martin. Namun tak lama posisi Martin melorot jadi kelima disalip rookie, pebalap Mooney VR46 Racing Marco Bezzecchi.

Baca juga: Hasil Klasemen Sementara Moto2, Vietti Tetap di Puncak

 

Masuk lap keempat piosisi pertama sampai tiga masih cukup ketat. Jarak antara Pecco dan Aleix terpaut 0,5 detik. Begitu juga antara Aliex dan dan Quartararo berjarak 0,5 detik.

Aleix EspargaroTWITTER/ALEIXESPARGARO Aleix Espargaro

Naas masuk lap kelima terjadi kontak natara Quartararo dengan Aleix. Quartararo berusaha untuk menyalip Aleix dari dalam tapi tidak berhasil. Motornya malah menyenggol Aleix dan terjatuh.

Adapun Aleix masuk gravel tapi tidak jatuh. Pebalap asal Spanyol itu kembali melanjutkan balapan tapi posisinya langsung melorot ke-15.

Baca juga: Ada Aturannya, Bikin Polisi Tidur Sembarangan Bisa Didenda Rp 24 Juta

 

Insiden itu membuat Bezzecchi langsung naik ke posisi kedua. Namun Pecco yang sudah memimpin di depan dengan cepat membuat jarak, di lap kesembilan jarak keduanya nyaris 1 detik.

Di sisi lain pertarungan di posisi ketiga dan keempat antara Jorge Martin dan Maverick Vinales cukup sengit. Vinales yang sebelumnya mengatakan percaya diri bisa podium mulai merangksek ke depan.

Meski tercecer di posisi bawah Aleix tidak menyerah. Perlahan dia kembali mulai menyusul pebalap lain satu per satu. Di lap ke-12 Aleix berada di posisi ke-12 usai menyalip Alex Rins dan mulai memburu Enea Bastianini di posisi ke-11.

Apes buat Quartararo yang kembali ke lintasan mesti merasakan jatuh dua kali. Dia jatuh setelah mengalami highside di tikungan kelima di lap ke-14.

Pebalap berjuluk El Diablo itu sempat terkapar di pinggir lintasan tapi kemudian berjalan ke pinggir gravel dan menolak pakai tandu.

Baca juga: Alex Marquez Resmi Gabung dengan Gresini Racing di MotoGP 2023

 

Lap ke-14 Pecco semakin kokoh di depan. Posisinya di GP Belanda berbanding terbalik dengan di GP Jerman. Disusul Bezzecchi di posisi kedua dan Martin di posisi ketiga.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com