Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 2 Motor Listrik Kembar Mirip Vespa Primavera di PEVS 2022

Kompas.com - 24/07/2022, 13:57 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Davigo memperkenalkan motor listrik bergaya retro klasik yaitu Davigo Forza, di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, yang digelar 22-31 Juli 2022, di JIExpo, Kemayoran.

Di sisi lain, Mobil Anak Bangsa (MAB) juga memperluas pasar dengan memperkenalkan sub brand motor listrik dengan nama Electro, di mana salah satu modelnya yaitu Electro EL02.

Menariknya tampilan Davigo Forza dan Electro EL02 identik alias kembar. Keduanya juga berwarna candy red dan memiliki desain retro klasik yang mirip Vespa Primavera dengan dimensi lebih mungil.

Baca juga: Daftar Sepeda dan Motor Listrik yang Bisa Dites di PEVS 2022

Davigo Forza di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.KOMPAS.com/Gilang Davigo Forza di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

Saat Kompas.com konfirmasi, Glora Slucky salah satu pendiri dan Kepala Pemasaran PT Davigo Artha Luas, mengatakan, meski mirip tapi keduanya berbeda, yang mana perbedaannya yaitu di vendor asal.

"Semua motor China hampir sama bentuknya. Tapi brand-nya di sana itu apa sumbernya apa itu beda-beda. Ada yang industri rumahan," kata Lucky saat pembukaan, Jumat (24/7/2022).

Davigo merupakan merek alih ulang dari jenama asal China yaitu Luyuan. Luyuan diklaim sebagai salah satu merek motor listrik yang kompetitif karena punya dinamo alias motor listrik yang tahan panas.

Baca juga: Davigo Space, Motor Listrik Baru Harga Rp 18 jutaan

Foto sebelah kiri Davigo Forza sedangkan yang kanan Electro EL02.KOMPAS.com/Gilang Foto sebelah kiri Davigo Forza sedangkan yang kanan Electro EL02.

"Kalau Luyuan terkenal, sertifikasi internasionalnya sudah terkenal. Beda. Banyak di showroom-showroom, sepintas sama tapi kalau diperhatikan lain, oh besaran sana, ada bedanya sedikit, tetap ada bedanya," kata Lucky.

Untuk diketahui identitas Luyuan memang tidak dihilangkan 100 persen oleh Davigo. Hal itu dapat dilihat dari embos merek asal China tersebut di tabung suspensi depan.

Baca juga: Menjajal Mobil Alke ATX 340E, Harganya Tembus Rp 1 Miliar

Saat Kompas.com mengecek Electro EL02 embosan "Luyuan" yang sama juga tertera di EL02. Merek ban yang dipakai keduanya juga sama yaitu Compass, namun belum ada konfirmasi dari pihak Electro.

Mobil Anak Bangsa (MAB) yang sebelumnya fokus pada pengembangan di bus listrik kini mulai melirik pasar sepeda dan motor listrik yang lebih potensial.KOMPAS.com/Gilang Mobil Anak Bangsa (MAB) yang sebelumnya fokus pada pengembangan di bus listrik kini mulai melirik pasar sepeda dan motor listrik yang lebih potensial.

Di atas kertas spek keduanya tidak beda jauh. Davigo Forza memakai baterai 60v 23Ah yang dapat digeber sampai 50 kpj dan jarak tempuh 60 km. Adapun Electro EL02 pakai baterai litium ion 60V 24Ah.

Davigo Forza dibanderol Rp 16.300.000 off the road, sedangkan Electro EL02 menurut wiraniaga di booth MAB motor baru dijual akhir tahun antara Rp 17 juta - Rp 18 juta on the road (OTR) Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com