Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Analisis Marc Marquez Buat Pengembangan Motor RC213V

Kompas.com - 01/06/2022, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez akan menjalani operasi keempat di Amerika Serikat. Marc memutuskan mundur dari persaingan MotoGP 2022 dan konsentrasi pada penyembuhan.

Baby Alien menganalisis permasalahan pada motor RC213V 2022. Sebelumnya dia sudah mencoba beberapa inovasi dari Jepang, termasuk sasis dan beberapa perbaikan masalah teknis lainnya.

Marc menyatakan apa saja yang mesti dikembangkan dan diperhatikan selama dia absen. Pebalap asal Spanyol itu memfokuskan pada grip dan pengendalian depan yang dirasa hampa.

Baca juga: Naik Motor Jangan Asal Ngerem, Ingat Lagi Teknik yang Benar

Marc Marquez dan pebalap MotoGP lainnya saat menjalani sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (29/4/2022). AFP/JORGE GUERRERO Marc Marquez dan pebalap MotoGP lainnya saat menjalani sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (29/4/2022).

"Saya banyak menderita di bagian depan, mencoba memahami apa yang akan terjadi. Tapi saya mulai, dalam tanda kutip, konstan dalam balapan," kata Marc mengutip Tuttomotoriweb.it, Rabu (1/6/2022).

"Saya mulai mengerti bagaimana mengatur waktu, bagaimana mendorong, bahkan jika saya akui itu menghabiskan banyak biaya," ucapnya.

Dalam sesi tes musim dingin banyak pihak optimistis revolusi Honda bakal berbuah manis musim ini tapi nyatanya terbalik. Para pebalap Honda tak bisa menyodok di barisan depan, meski Pol Espargaro sempat podium di GP Qatar.

Cengkeraman ban disebut jadi masalah yang sulit diatasi. Buktinya setelah GP Qatar dan masuk ke seri-seri Eropa dengan trek yang sempit, para pebalap menyadari masalah RC213V jauh lebih serius.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

“Kami tidak sejauh itu, Anda harus mengubah dua atau tiga hal selama musim, tetapi Anda harus tahu bagaimana melakukannya. Saya bisa tahu masalahnya di mana, tapi tidak bagaimana mengubahnya,” katanya.

Baca juga: Cek Skema Kredit Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton

Marc mengatakan, empat pebalap Honda merasakan hal yang sama karena itu penyelesaiannya juga serupa, tapi dia merasakan hal itu tidak banyak berpengaruh.

“Tetapi tidak berhasil sepenuhnya. Set-up yang kami gunakan sepanjang tahun lebih efektif dan empat pebalap Honda bekerja atas dasar ini," ungkap dia.

"Tentu saja, tanpa perubahan besar, karena ketika kami banyak berubah, itu lebih buruk bagi kami,” kata Marc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com