Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Helm yang Nyaman buat Pengendara Motor Wanita

Kompas.com - 17/05/2022, 14:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya digunakan oleh kaum pria, sepeda motor juga jadi kendaraan bermotor yang banyak digunakan oleh wanita saat ini.

Sepeda motor sendiri menjadi salah satu solusi transportasi yang efisien, khususnya jika melihat situasi lalu lintas di ibu kota yang padat.

Sebelum mengendarakan sepeda motor, penting bagi pengendara untuk menyiapkan riding gear yang sesuai untuk menunjang keselamatan berkendara, salah satunya adalah helm.

Baca juga: Pengguna Motor Wajib Perhatikan Ini Saat Membeli Helm

Ada tips untuk pengendara wanita saat memilih helm untuk berkendara. Store Manager RC Motogarage Priadanis Nugroho Putra menjelaskan, salah satu caranya adalah dengan mengukur helm dengan menggunakan telunjuk.

"Yang pertama harus memastikan dulu lingkar kepala, karena setiap helm pasti size-nya berbeda. Contoh size S 55-56cm, size M 57-58, size L 59-60 dan XL 61-62," ucap Danis kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kemudian, Danis menjelaskan bahwa banyak yang mengeluhkan sempitnya helm di bagian pipi. Padahal, ini adalah hal yang wajar, bahkan sebuah keharusan. Karena jika pada bagian pipi tidak menjepit, yang menahan beban adalah kepala dan ini bisa membuat pengguna helm merasa pusing.

"Ketika sudah pakai helm, coba kalian tes satu jari telunjuk diselipkan dibagian jidat. Kalo jarinya enggak masuk berarti helm itu sudah pas untuk ukuran kalian, yang nggak boleh itu kalau kepala kalian terasa sempit. Terkadang kita suruh konsumen kita coba helm minimal 5 menit supaya mereka bisa merasakan," ucap Danis.

Ilustrasi helm half face RSV SV300                  rsvhelmets.co.id Ilustrasi helm half face RSV SV300

Sedangkan untuk pengendara motor wanita yang mengenakan hijab, Brand Technical DeRide Store Irwansyah menjelaskan bahwa pengendara wanita bisa mencari helm yang desainnya menyesuaikan ikatan rambut saat berhijab.

"Untuk pengendara wanita yang menggunakan hijab, biasanya yang menjadi masalah adalah sanggul atau ikatan rambut pada bagian belakang. Sebaiknya, memilih helm dengan desain bagian yang agak sedikit pendek, agar lebih mudah penempatannya," ucap Irwansyah.

Irwansyah mengatakan, jika tidak ingin susah mencari helm dengan ciri tersebut maka disarankan untuk memakai tipe helm nolan.

Baca juga: Hidrogen Jadi Bahan Bakar Alternatif Mulai Dibahas Pemerintah

"Kalau di helm nolan, bisa pakai tipe helm N33 atau N21 agar tetap aman dan nyaman dipakai," ucap Irwansyah. 

Ia menegaskan, pengendara motor tidak disarankan memilih helm yang agak longgar walaupu menggunakan hijab. Karena, helm yang longgar tidak bisa melindungi kepala secara maksimal.

"Tidak disarankan memilih helm yang agak longgar, untuk semua pengendara. Pastikan memakai helm sesuai ukuran untuk keselamatan pengendara," ucap Irwansyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com