Tips Parkir Mobil di Luar Ruangan yang Enggak Bikin Kabin Panas

Kompas.com - 17/05/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memarkir mobil di ruang terbuka memang kerap dilakukan dalam kondisi tertentu. Misalnya sedang pergi ke suatu tempat dan satu-satunya tempat parkir tidak memiliki atap atau out door.

Tentu jika terpaksa parkir saat siang hari, kabin mobil bakal ikut panas. Apalagi jika cuaca sedang terik, panas dari matahari pasti akan ikut masuk ke kabin.

Jadi ketika ingin kembali menyetir, pemilik mobil harus mengeluarkan panasnya dahulu agar kabin bisa cepat adem. Lalu bagaimana caranya menjaga suhu kabin tetap adem walau parkir di ruang terbuka?

Baca juga: Mobil Ini Nyelonong Saat Parkir, Pintu Sampai Patah

Mobil yang parkir di jalur sepeda jalan Puri Indah, Jakarta Barat, Kamis (6/2/2020)KOMPAS.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJAR Mobil yang parkir di jalur sepeda jalan Puri Indah, Jakarta Barat, Kamis (6/2/2020)

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kabin kendaraan tetap adem saat parkir di ruangan terbuka.

"Bisa menggunakan sun shade atau tirai penutup kaca depan. Jadi bisa mengurangi terik panas matahari yg menerpa kaca depan," ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (16/5/2022)

Kemudian, jika mobil dilengkapi dengan visor samping atau talang air di pintunya, bisa sedikit membuka kacanya. Namun perlu diperhatikan, membuka kacanya jangan terlalu lebar.

Baca juga: Bahaya Memanaskan Mobil Diesel Terlalu Lama

"Apabila dilengkapi dengan side visor atau talang air dan suasana parkiran tidak berdebu, kaca samping bisa diturunkan sedikit untuk sirkulasi udara," ucapnya.

Didi menyarankan, membuka kacanya cukup 1 cm saja, jadi tetap aman dari orang iseng yang mencoba membuka pintu mobil secara paksa. Tapi risikonya tetap ada, yaitu debu bisa masuk kabin karena terpaan angin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.