Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar, Mematikan Mesin Motor Pakai Standar Samping Bikin Aki Soak?

Kompas.com - 17/05/2022, 09:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com— Saat ini hampir seluruh produsen kendaraan roda dua telah menyematkan beragam teknologi dan fitur canggih pada sepeda motor.

Side stand switch menjadi salah satu teknologi yang disematkan untuk mempermudah pengoperasia motor matik.

Baca juga: Pemerintah Minta Mobil Berbasis Hidrogen Antasena ITS Bisa Diproduksi Massal

Melalui fitur tersebut, mesin motor akan mati jika standar samping diturunkan. Pada bagian pangkal standar dihubungkan dengan engine control unit (ECU) untuk memutus sistem pengapian secara otomatis.

Saat standar samping digunakan, mesin motor tidak akan bisa dinyalakan sehingga potensi kecelakaan karena tuas gas terputar.

Namun, berkat kecanggihan ini banyak pengguna motor yang justru mematikan mesin dengan menegakkan standar samping bukan memutar kunci kontak. 

Ilustrasi parkir motor di bandaraDIMAS PRADOPO Ilustrasi parkir motor di bandara

"Pada dasarnya tidak masalah, namun ada potensi membuat aki soak. Jadi saat standar samping diturunkan, kunci kontak harus segera di off," kata Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno kepada Kompas.com.

Endro menjelaskan jika saat mematikan mesin lewat standar samping fungsi kelistrikan motor masih bekerja. Sebut saja lampu utama dan panel instrumen yang masih bekerja.

Baca juga: Pentingnya Aktifkan Rem Tangan Saat Berhenti di Lampu Merah

Maka dari itu, jika terlalu lama dibiarkan menggunakan cara ini aki akan cepat tekor. Apalagi pada motor yang lampunya belum LED membutuhkan arus listrik yang lebih besar.

“Sama halnya kalau kita matikan mesin menggunakan switch cut off yang ada di stang motor sport. Kalau kunci kontaknya tidak di off, pasti baterai soak,” kata Endro.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com