Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2022, 11:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com— Bagi pemilik kendaraan roda empat harus mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) agar mobil bisa beroperasi. Jika diperhatikan, setiap jenis mobil tidak memiliki kapasitas volume yang sama.

Faktanya, kapasitas tangki BBM tiap mobil berbeda satu sama lain. Ada tangki BBM mobil dengan ukuran 30 liter, 50 liter, bahkan sampai 80 liter.

Baca juga: Apa Benar, Mematikan Mesin Motor Pakai Standar Samping Bikin Aki Soak?

Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, kapasitas tangki akan disesuaikan dengan besaran mesin dan dimensi mobil.

Makin besar kapasitas daya angkut, maka kebutuhan BBM mobil banyak sehingga membutuhkan tangki yang lebih besar.

“Kapasitas tangki mobil berbeda-beda, biasanya semakin besar kapasitas mesinnya maka akan semakin besar kapasitas tangkinya. Begitu juga mobil dengan kapasitas mesin kecil, pasti tangki BBM mobil tersebut juga kecil,” kata Didi kepada Kompas.com.

Tutup tangki BBM Mazda CX-3 1.5LKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tutup tangki BBM Mazda CX-3 1.5L

Didi menyebutkan, kapasitas BBM untuk mobil berjenis LCGC lebih kecil dibandingkan dengan mobil Low MPV. Kemudian, tangki mobil MPV akan lebih kecil jika dibandingkan dengan SUV.

Mobil seperti Avanza yang kapasitas tangkinya 45 liter, Innova lebih besar sekitar 55 liter, Fortuner lebih besar lagi mencapai 80 liter. Hal ini juga disebabkan karena kapasitas mesin yang berbeda,” kata Didi.

Baca juga: Naik 41,8 Persen, Sigra Masih Mendominasi Penjualan Daihatsu

Tidak hanya itu, segmentasi mobil juga menentukan ukuran tangki BBM. Misalnya mobil LCGC atau city car yang diperuntukan untuk di perkotaan, maka tangki BBM dibuat lebih kecil karena tidak butuh banyak BBM.

Sementara itu, untuk mobil jenis SUV biasanya kerap dipakai ke luar kota bahkan menjelajah jalur offroad. Maka dari itu mobil jenis SUV butuh banyak BBM sehingga tangki BBM dibuat lebih besar.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com