Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Sebut Arus Mudik Lebaran 2022 Cetak Rekor

Kompas.com - 01/05/2022, 09:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat rekor tertinggi volume lalu lintas pada periode arus mudik sepanjang libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H atau Lebaran 2022 dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Pada H-3 yang jatuh pada Jumat, 29 April 2022, sudah ada 105.016 unit kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju Timur (Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya, dan sekitarnya).

Jumlah tersebut meningkat 165,5 persen dari lalu lintas normal periode November 2021 sebanyak 39.554 kendaraan, memecahkan rekor selama periode arus mudik Lebaran 2019 lalu.

Baca juga: Update Arus Mudik, One Way Diperpanjang Sampai Km 442 Bawen 

Suasana antrean kendaraan pemudik melintas di jalan raya Nagreg-Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022). Volume kendaraan arus mudik yang melintasi jalur selatan Nagreg-Limbangan mulai mengalami peningkatan dan terpantau padat pada H-3 Lebaran Idul Fitri 1443 H.ANTARA/NOVRIAN ARBI Suasana antrean kendaraan pemudik melintas di jalan raya Nagreg-Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022). Volume kendaraan arus mudik yang melintasi jalur selatan Nagreg-Limbangan mulai mengalami peningkatan dan terpantau padat pada H-3 Lebaran Idul Fitri 1443 H.

Jasa Marga juga mencatat rekor tertinggi melayani volume lalu lintas saat arus mudik, yaitu sebanyak 103.077 kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju timur via Jalan Tol Trans Jawa yang melintas melalui GT Cikampek Utama.

Guna melayani pengguna jalan dengan maksimal, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, mengatakan perseroan mengoperasikan total gardu operasi hingga dua kali lipat dari kondisi lalu lintas normal.

“Kami memaksimalkan kapasitas gerbang tol untuk melayani peningkatan volume lalu lintas di GT Cikampek Utama, yang mengoperasikan total 30 lajur transaksi serta penambahan 4 mobile reader secara tandem,” kata Heru dalam keterangan resmi pada Sabtu (30/4/2022).

Baca juga: Imbas One Way, Sejumlah Bus Telat Berangkat dari Jakarta 

Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.

Dalam kesempatan sama ia juga mengatakan terselenggaranya layanan arus mudik dengan lalu lintas tertinggi sepanjang libur Hari Raya Idul Fitri ini tidak lepas dari kolaborasi bersama.

Pihak Jasa Marga bekerja sama dengan Kepolisian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, hingga stakeholder terkait lainnya.

Adapun, informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com