Kompas.com - 01/05/2022, 08:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya mencatat lebih dari 17.790 kendaraan telah melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) melalui gerbang tol (GT) Bakauheuni Selatan pada H-3 Idul Fitri 1443 H.

Angka tersebut meningkat sebesar 204,79 persen apabila dibandingkan dengan total lalu lintas pada periode normal. Bahkan, lebih tinggi dari periode mudik 2019 lalu yang mencapai 12.857 kendaraan.

Dikatakan Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji, Volume Lalu Lintas (VLL) pada H-3 merupakan puncak arus mudik tahun ini.

Baca juga: Update Arus Mudik, One Way Diperpanjang Sampai Km 442 Bawen

Gerbang Tol Pekanbaru yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans SumateraPT Hutama Karya Gerbang Tol Pekanbaru yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera

“Di tahun 2019 kami hanya mencatat VLL selama H-3 sebanyak 12.857 kendaraan yang masuk via GT Bakauheni Selatan, sedang pada tahun 2022 melonjak 38,37 persen kendaraan," kata dia, Sabtu (30/4/2022).

Selain itu, kepadatan terjadi di ruas yang telah beroperasi, ruas tol yang beroperasi fungsional juga mulai dipadati oleh kendaraan. Maka secara langsung ini menunjukkan antusiasme masyarakat sekitar untuk dapat segera beroperasinya ruas-ruas tol tersebut.

Adapun VLL ruas fungsional dalam periode sama, Jumat (29/4/2022) di Ruas Bengkulu – Taba Penanjung melalui GT Bengkulu sebanyak 1.150 kendaraan dan Ruas Pekanbaru – Bangkinang melalui GT Bangkinang sebanyak 3.055 kendaraan.

Dwi menghimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dan kembali, untuk mempersiapkan perjalanan dengan selalu memastikan kendaraan yang layak, menyiapkan fisik pengendara.

Baca juga: Ini 4 Titik Jalur Arteri Rawan Macet di Kabupaten Bekasi Selama Mudik

Kondisi kendaraan di GT Cikampek Utama, Jalan Tol Jakarta-Cikampek saat Mudik Lebaran 2022Jasa Marga Kondisi kendaraan di GT Cikampek Utama, Jalan Tol Jakarta-Cikampek saat Mudik Lebaran 2022

Serta, mengisi BBM sebelum berangkat, beristirahat sejenak di rest area jika merasa lelah.

“Kami ingatkan pemudik untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik dan mengisi BBM sebelum melakukan perjalanan menggunakan aplikasi Google Map secara bijak agar terhindar dari rute berbahaya," ujar dia.

"Atau gunakan fitur customer journey yang terdapat pada aplikasi HK Toll Apps,” tambah Dwi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.