Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Arus Mudik, One Way Diperpanjang Sampai Km 442 Bawen

Kompas.com - 30/04/2022, 17:50 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Atas diskresi kepolisian, PT Jasa MArga (Persero) Tbk, menginformasikan bila rekayasa lalu lintas one way saat ini diperpanjang.

Sebelumnya one way dimulai dari Km 70 Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek (Japek) sampai Km 414 GT Kalikangkung, saat ini kembali diperpanjang sampai Km 442 Simpang Susun (SS) Bawen, Tol Semarang-Solo dari pukul 13.40 WIB.

Tak hanya itu, menurut Dwimawan Heru Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, untuk penerapan contraflow juga sudah dihentikan.

Baca juga: 3 Perilaku Pemudik yang Bikin Arus Tersendat Saat Penerapan One Way

"Contraflow Km 47 sampai Km 70 GT Cikampek Utama Jalan Tol Japek telah dihentikan berdasarkan diskresi Kepolisian, mengingat saat ini terpantau lalu lintas di Jalan Tol Japek arah Jakarta ramai lancar," ucap Heru dalam keterangan resminya, Sabtu (30/2/2022).

Berdasarkan data, Jasa Marga mencatat sebanyak 1.394.854 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek dari H-10 sampai H-3 jelang Lebaran atau pada periode 22-29 April 2022.

Jumlah tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Baca juga: Kesalahan Mengemudi Mobil Matik Saat Ketemu Jalan Menanjak

GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek (Japek).Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Total volume lalu lintas yang meninggalkan Jabotabek naik 17,6 persen jika dibandingkan kondisi normal periode November 2021 dengan total 1.186.349 kendaraan.

Dari jumlah tersebut, kendaraan yang mengarah ke Timur, yakni Tol Trans-Jawa via Tol Japek meningkat 81,2 persen dengan jumlah 487.344 kendaraan, dari kondisi normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com