Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO 27 Trans Tambah Bus Baru Bergaya Klasik Kaca Tunggal

Kompas.com - 18/04/2022, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang hari lebaran, beberapa PO menambah bus baru, seperti yang dilakukan PO 27 Trans. Bus baru yang dirilis ini juga berbeda dengan rilisan yang sebelumnya.

Bodi bus yang digunakan adalah Jetbus 3+ MHD, terpasang ke sasis Mercedes Benz OH 1626. Artinya, bus ini memiliki bagasi yang lega karena tidak ada sasis yang menghalangi di bawah dek.

Selain itu, unit baru PO 27 Trans ini menggunakan bodi kaca tunggal alias single glass. Model bus seperti ini memang terlihat klasik, terutama di tengah bus-bus baru yang memakai model double glass atau kaca ganda.

Baca juga: Penjualan Bus Mercedes-Benz Sempat Turun di Akhir Tahun

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yohan Setiawan (@yohansetiawan08)

 

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro, mengatakan, selain bodinya yang single glass, bodi bus yang baru rilis ini tidak memiliki selendang Voyager, alias polosan.

"Ini permintaan dari PO-nya, memang ingin tampil klasik," ucap Yohan kepada Kompas.com, Minggu (17/4/2022).

Hilangnya selendang membuat tampilan samping bus berubah signifikan. Biasanya ada tarikan garis dari samping depan ke belakang, namun untuk unit ini tidak ada.

Baca juga: Catat, Ini 4 Jadwal One Way Selama Periode Mudik Lebaran

Model bus yang single glass dan tanpa selendang tentu memanjakan penumpang. Pandangan penumpang baik ke depan maupun samping sangat lega, tidak terhalang bando yang biasanya ada di bus double glass dan selendang.

Apalagi untuk bagian kabin, unit yang rilis kali ini ditujukan sebagai President Class. Artinya, bangkunya super lebar, disusun dua kanan dan satu kiri (2-1) ditambah dengan leg rest yang panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com