Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO ALS Kelas Super Eksekutif, Pakai Livery Berbeda

Kompas.com - 15/04/2022, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro baru saja merilis dua bus baru milik PO Antar Lintas Sumatera (ALS). Mendekati lebaran memang menjadi momen PO bus menambah armada baru.

Kedua bus yang baru rilis dari Karoseri Adiputro punya tampilan livery berbeda walau pilihan bodi dan sasisnya sama. Bodi yang digunakan adalah Jetbus 3+ HDD yang dipasang ke sasis Mercedes Benz.

Untuk kelirnya, kedua bus masih menggunakan warna khas PO ALS, yakni hijau. Namun, pada bus pertama menggunakan livery yang berbeda dan menggunakan warna kombinasi hijau, emas, dan abu-abu.

Baca juga: Hindari Kecelakaan, Pahami Arti Kode Lampu Sein pada Bus

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yohan Setiawan (@yohansetiawan08)

 

Untuk unit ini digunakan sebagai armada kelas Super Eksekutif, perbedaan utama ada di kabin. Bangku penumpang disusun dua kanan dan satu kiri dengan menggunakan model yang lebar dan dilengkapi dengan leg rest.

Selain bangkunya yang lebar, penumpang juga dimanjakan dengan adanya sekat di bagian depan dan belakang. Adanya sekat bisa menjadi ruang merokok dan asapnya tidak akan masuk ke kabin.

Sedangkan di belakang, sekat berfungsi sebagai smoking room dan toilet untuk penumpang. Ingat, toilet yang ada di kabin bus hanya bisa digunakan untuk buang air kecil dan saat bus berjalan.

Baca juga: Ingat, Ganjil Genap Juga Berlaku Saat Arus Mudik Lebaran

Kabin bus AKAP PO ALSDOK. ADIPUTRO Kabin bus AKAP PO ALS

Lalu, untuk unit satu lagi menggunakan livery khas PO ALS dengan perpaduan warna biru. Selain itu, bus dengan aksen warna biru ini nampaknya dibuat untuk melayani kelas ekonomi AC tanpa toilet.

Jadi bisa dilihat di kabinnya ada bangku yang disusun 2-2. Selain tidak ada toilet, sekat juga tidak dipasang, sehingga tidak ada smoking room di kabinnya.

Keunikan lain dari bus baru PO ALS ini ada pada sisi samping di mana nama bus ditulis lengkap. Dahulu, hanya tertulis 'A.L.S.' di bagian samping, sedangkan di unit yang baru, tertulis lengkap 'PT. Antar Lintas Sumatera'.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com