Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rem Brembo yang Dipakai Motor MotoGP 2022

Kompas.com - 01/03/2022, 18:22 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

Sumber Crash.net


JAKARTA, KOMPAS.com - Merek rem terkemuka, Brembo, akan kembali menjadi pemasok rem untuk motor-motor MotoGP. Musim 2022 merupakan musim ketujuh Brembo jadi pemasok rem MotoGP.

Musim ini merek asal Italia tersebut mengatakan mayoritas pebalap akan memilih memakai kaliper rem Brembo GP4 yang diluncurkan pada 2020. Adapun sebagian kecil memakai rem versi 2019.

Baca juga: Terjebak Macet di Puncak, Ini Cara Nyetir Mobil Manual agar Tidak Mundur

Kaliper rem depan terbaru Brembo yang diperkenalkan di MotoGP StyriaCrash.net Kaliper rem depan terbaru Brembo yang diperkenalkan di MotoGP Styria

Mengutip Crash.net, bahannya terbuat dari alumunium. Modelnya radial, dilengkapi dengan empat piston, sirip eksternal dan sistem "anti-drag" yang dirancang untuk meningkatkan torsi selama pengereman.

Brembo juga mempunya perangkat pegas agar cakram dan kaliper tidak seret. Mencegah cakram bersentuhan satu sama lain, yang mengakibatkan motor melambat.

Agar feeling pengereman lebih maksimal, musim ini Brembo menyediakan 12 opsi cakram karbon yang berbeda. Tersedia enam diameter cakram dengan masing-masing punya spesifikasi material berbeda.

Baca juga: Bedah Interior Veloz, BR-V, dan Xpander, Mana yang Paling Mewah?

Sistem pengereman Sensify dari Brembo yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatanDok. Brembo Sistem pengereman Sensify dari Brembo yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan

Mayoritas pebalap ditengarai pakai cakram berdiameter 340mm, dengan material terbagi antara 'High Mass' atau 'Standard Mass'. Namun, beberapa tim akan menggunakan cakram berdiameter 320mm.

Brembo juga menawarkan cakram karbon berventilasi berdiameter 355mm baru, yang telah digunakan selama pengujian di Sepang dan Mandalika dan tersedia untuk awal musim.

Keuntungan utamanya adalah ventilasi ini menjaga permukaan cakram tetap dingin. Cakram ini dirancang khusus untuk sirkuit yang butuh pengereman luar biasa seperti Spielberg, Motegi, Sepang atau Buriram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com