Kompas.com - 01/03/2022, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pemilik kendaraan yang punya rencana mengganti aki mobil, harus sedikit lebih teliti ketika membeli. Sebab, saat ini sudah banyak aki rekondisi dijual secara bebas, sehingga bisa merugikan konsumen.

Agar tidak tertipu, Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi, memberikan sedikit tips. Paling utama, jangan membeli aki di toko pinggir jalan yang tidak terpercaya, misal sekaligus menawarkan tukar tambah.

“Sebaiknya beli atau ganti aki di toko yang sudah terpercaya. Kalau direkondisi itu, aki yang sudah lama diperbaiki lagi, lalu dibersihkan dan dijual lagi dengan harga yang setengah lebih murah,” ujar Didi kepada Kompas.com.

Baca juga: Jangan Salah Beli, Aki Mobil Mesin Diesel dan Bensin Berbeda

Ciri lain, lanjut Didi bisa dilihat dari terminal negatif dan positif. Apabila sudah ada goresan atau covernya mengembung dipastikan itu aki yang rekondisi. Faktor lain, bisa dilihat juga dari tampilan warna, terkadang sedikit kusam.

“Biasanya itu ciri-ciri utamanya, mau aki basah atau kering. Biasanya yang di rekondisi aki basah konvensional bukan kering, karena aki kering jarang direkondisi,” katanya.

Pada umumnya ada dua jenis aki yang tersedia di pasaran, yakni aki kering dan aki basah. Pada dasarnya semua jenis aki (kering dan basah) tetap menggunakan cairan elektroda (biasa disebut air aki). Namun pada jenis aki kering, cairannya lebih padat dan berbentuk gel.

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

Sedangkan basah biasanya membutuhkan perawatan rutin, berbeda dengan aki kering yang sifatnya bebas perawatan atau maintenance free (MF).

Jika Anda ingin aki mobil yang tidak membutuhkan perawatan maka aki mobil free maintenance atau yang biasa di sebut aki kering bisa jadi pilihan, namun jika Anda lebih senang merawat manual aki mobil, maka aki basah bisa menjadi pilihan.

Bagi Anda yang sedang berencana membeli aki mobil dan mencari daftar harga aki mobil, tim redaksi sudah menyiapkan harga aki mobil untuk Anda.

Baca juga: Benarkah Aki Kering Tidak Perlu Perawatan?

Harga Aki untuk Toyota Avanza, Toyota Rush, Daihatsu Xenia, Daihatsu Terios, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Toyota Calya, Toyota Agya, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.