Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga dan Kepolisian Antisipasi Arus Balik

Kompas.com - 28/02/2022, 06:42 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen libur panjang dan Isra Miraj banyak dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk berlibur atau melakukan perjalanan jauh. Akibatnya, jumlah kendaraan yang meinggalkan Jakarta meningkat.

Dengan meningkatnya jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek pada libur panjang Isra Miraj, Jasa Marga meminta warga untuk menghindari puncak arus balik menuju Jakarta pada Senin (28/2/2022).

Baca juga: Ariel NOAH Pakai Shogun, Berapa Kisaran Biaya Restorasinya?

PT Jasa MArga mencatat 347.711 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-3 sampai dengan H-2 libur Isra Miraj.

Angka tersebut naik 27,12 persen dibandingkan lalu lintas normal periode Februari 2022 dengan total 273.539 kendaraan.

Gambaran arus lalu lintas yang meninggalkan Jabodetabek pada periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.PT. Jasa Marga Gambaran arus lalu lintas yang meninggalkan Jabodetabek pada periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru meminta pengguna jalan menghindari pulang di waktu yang sama pada Senin besok untuk mencegah kemacetan.

"Memohon kerja sama pengguna jalan untuk menghindari pulang bersamaan di hari Senin, 28 Februari 2022, yang diprediksi menjadi puncak arus balik untuk libur Isra Miraj 2022," kata Dwimawan dalam keterangan tertulis, Minggu (27/2/2022).

Baca juga: Ini Helm Mahal yang Dipakai Ariel NOAH Saat Naik Suzuki Shogun

Pihaknya juga mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berkendara dengan aman sesuai dengan aturan yang berlaku.

Salah satunya, aturan batas kecepatan berkendara di jalan tol yang harus dipatuhi sesuai dengan rambu lalu lintas yang terpasang di masing-masing ruas jalan tol

Jasa Marga juga akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas seperti contraflow dan menempatkan petugas di lokasi rawan kepadatan.

Contraflow pada arus balik akan dilakukan di pertemuan dua lalu lintas Jalan Tol Cipularang dan kilometer 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

"Serta kepadatan jelang akses masuk dan keluar rest area kilometer 62 dan kilometer 52," ucap Dwimawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com