Tips Penting Sebelum Membeli Mobil Bekas Bermesin Diesel

Kompas.com - 05/02/2022, 14:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini pasar mobil bekas masih menjadi alternatif utama masyarakat Indonesia untuk mendapatkan kendaraan dengan harga lebih terjangkau serta cepat.

Apalagi, pilihannya tidak kalah beragam dibanding mobil baru. Termasuk untuk mobil bermesin diesel yang terkenal bandel dan ramah biaya servis alias perawatan.

Tapi sebelum dibeli, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan oleh si calon pemilik. Hal ini penting untuk menekan potensi tertipu ucapan manis dari penjualnya.

Baca juga: Pengemudi Pemula, Jangan Lewat Jalan Tol Tanpa Pendamping

Otospector layanan inspeksi mobil bekasOtospector Otospector layanan inspeksi mobil bekas

Kepala Bengkel Auto2000 Indramayu, Dani Muhammad Sidik menyatakan, sedikitnya ada lima aspek yang patut dicek. Paling utama, melaksanakan pengecekkan mesin secara langsung.

"Sebelum membeli, Anda bisa melihat kondisi mesin di dalam kap mesin, misalnya jika ada oli yang tumpah, knalpot basah atau kering di manifold, hingga pemeriksaan selang kemudi yang dikhawatirkan bocor," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/2/2022).

"Perhatikan juga kondisi bautnya, apabila rusak atau banyak cacat berarti mobil tersebut sudah sering dibongkar," lanjut Dani.

Kemudian periksalah tegangan baterai menggunakan voltmeter. Apabila pembeli dan penjual tidak memiliki alatnya, bisa juga cek lewat dasbor mobil.

Jika kunci kontak dalam posisi on dan indikator aki tidak menyala, berarti tidak ada masalah dengan voltase aki mobil.

Baca juga: Jangan Pakai Kaki Kiri buat Injak Rem di Mobil Matik, Ini Alasannya

Ilustrasi kepulan asap hitam mobil dieselcumminsforum.com Ilustrasi kepulan asap hitam mobil diesel

Hal lain yang perlu diperhatikan juga mengecek air radiator. Sebab, ketika airnya sudah keruh menandakan bahwa mobil tidak dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya.

"Kondisi air radiator yang bagus dan terawat ialah berwarna merah atau hijau karena penggunaan water coolant," ujar Dani.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.