Iring-iringan Mobil Pengawal Presiden AS, Sekali Jalan Rp 2,1 Miliar

Kompas.com - 05/02/2022, 16:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para penggemar film aksi, pasti sering kali melihat bagaimana ketatnya rombongan pengawal Presiden Amerika Serikat. Ternyata, tak hanya ketat, tapi juga dana yang dikeluarkan dalam sekali jalan tidaklah kecil.

Pada video yang diunggah oleh pembuat konten Supercar Blondie, dijelaskan mengenai barikade pengawalan Presiden AS. Rahasia yang selama ini tidak banyak diketahui masyarakat umum.

Pembuat konten yang memiliki nama asli Alexandra Mary Hirschi itu mengatakan, rombongan pengawalan tersebut hanya memiliki satu tujuan, yakni menjaga agar Presiden AS tetap selamat.

Baca juga: Belajar dari Insiden Spion Mobil Dirusak Paspampres, Ini Kendaraan yang Dapat Prioritas

"Di jantung iring-iringan mobil ini adalah mobil yang membawa presiden, yang disebut juga dengan The Beast," ujar Alex.

The Beast ini bukan sekadar limosin biasa, tapi lebih mirip seperti tank. Mobil seharga Rp 21,6 miliar ini memiliki bobot seberat 9 ton.

Pintunya memiliki ketebalan 8 inci. Sementara kaca jendela memiliki ketebalan 5 inci dan anti peluru. Sementara bagian bawah mobil, dibuat agar tahan terhadap bom dan granat.

Bahkan, mobil ini bisa dibuat sangat kedap untuk mencegah adanya serangan biokimia atau gas beracun. Di dalam mobil, terdapat suplai oksigen.

Baca juga: Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas

Bukan hanya sistem perlindungan saja yang luar biasa. The Beast juga dilengkapi dengan peluncur roket, kacamata untuk pandangan malam, meriam gas air mata, dan senapan.

Iring-iringan mobil pengawal Presiden ASDok. BBC Iring-iringan mobil pengawal Presiden AS

Selain itu, di dalam mobil juga tersimpan dua liter kantong darah yang sesuai dengan presiden. Persiapan ini dibutuhkan jika presiden membutuhkan transfusi darah secepatnya.

Selain The Beast sendiri, tentunya masih ada kendaraan pengawal lainnya yang tak kalah canggih. Di dalam iring-iringan mobil, terdapat dua limosin yang sama persis. Keduanya juga menggunakan pelat nomor yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.