Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Mobil Listrik di Indonesia, Mitsubishi Hadir di IEMS 2021

Kompas.com - 24/11/2021, 18:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berpartisipasi dalam ajang ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 yang dihelat di Kawasan Puspitek, Tangerang Selatan pada 24-26 November 2021.

Melalui dua model yakni Minicab MiEV dan Outlander PHEV, langkah terkait dilakukan dalam upaya mendukung langkah pemerintah untuk percepatan penciptaan ekosistem elektrifikasi di dalam negeri.

"Kami senantiasa mendukung langkah pemerintah dalam membangun dan berkontribusi pada tiap fase era kendaraan listrik di Indonesia," kata Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Komitmen Toyota di Indonesia Hadirkan Pilihan Teknologi Mobil Listrik yang Lengkap

Mitsubishi Motors di IEMS 2021 Mitsubishi Motors di IEMS 2021

"Pasalnya, Mitsubishi Motors memiliki strategi ke depan terkait mobil listrik, di mana di dalamnya terdapat hybrid electric vehicle (HEV), plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), sampai battery electric vehicle (BEV)," lanjut dia.

"Kami berupaya mencari yang terbaik dengan mengkombinasikan ketiga teknologi tersebut dan melakukan yang terbaik dalam membuat strategi xEV di Indonesia," tambah Naoya.

Pernyataan serupa diungkapkan oleh Director of Prudct Strategy Division PT MMKSI Hikaru Mii dalam kesempatan terpisah. Mengingat, karakteristik masyarakat di dalam negeri cukup berbeda sehingga butuh studi lanjutan.

Apalagi, penentuan harga pada suatu kendaraan menjadi hal penting di pasar. Sementara infrastruktur pendukung industri otomotif, kini masih dalam tahap berkembang khususnya pada elektrifikasi.

"Kita akan cari keseimbangan yang pas untuk pasar Indonesia. Itu kenapa kita bawa mobil EV sebagai bagian dari total strategi," ujarnya.

Baca juga: Akhir Pekan Ini, IIMS Motobike Show Digelar untuk Umum

Mitsubishi Motors di IEMS 2021 Mitsubishi Motors di IEMS 2021

"Harga memang adalah isu besar, tentu teknologi dan volume senantiasa akan mempenaruhi. Saat ini, kita masih mengkaji dan belum yakin pasar Indonesia pada kendaraan listrik akan sebesar apa nantinya," ujar Hikaru.

Diketahui, Outlander PHEV adalah mobil dengan perpaduan mesin bensin 2.4L, motor, dan baterai.

Produk ini mengintegrasikan SUV, teknologi 4WD, dan keunggulan PHEV, yang mampu mengubah mobilitas masyarakat penuh polusi menjadi aktivitas yang lebih bersahabat untuk lingkungan.

Kendaraan ini dilengkapi teknologi elektrik yang terintegrasi, Outlander PHEV ini hadir dalam tiga mode: EV Drive Mode¸Series Hybrid Mode, dan Parallel Hybrid Mode.

Sementara Minicab MiEV adalah kendaraan niaga yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik atau bisa disebut bertenaga murni listrik.

Model ini telah membuktikan ketangguhannya dan keandalannya di Jepang sebagai kendaraan operasional perusahaan logistik.

Mitsubishi Minicab MiEV memiliki konfigurasi 4-seater, dan sistem gerak 2WD. Sedangkan jarak tempuh mobil mencapai 150 km dengan kapasitas baterai 16 kWh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com