Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Dukung Pengembangan Elektrifikasi Kendaraan di Indonesia

Kompas.com - 24/11/2021, 16:00 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali berpartisipasi pada Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 yang berlangsung pada 24—26 November 2021 yang diselenggarakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Menempati booth seluas 100 meter persegi di Gedung Pusat Inovasi dan Bisnis Teknologi - BRIN, Kawasan Puspitek, TAM menghadirkan 3 unit kendaraan elektrifikasi andalan mereka, yakni Lexus UX 300E, C+Pod, dan Prius PHEV Bluebird.

“Kami hadir di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 sebagai komitmen mendukung upaya Pemerintah mengembangan teknologi kendaraan elektrifikasi dan mengurangi emisi CO2 di Indonesia secara berkelanjutan melalui penyediaan produk berbasis elektrifikasi dan ramah lingkungan,” ujar Susumu Matsuda, President Director PT TAM, pada pembukaan IEMS 2021, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Gojek Bakal Sewakan Motor Listrik buat Mitra Driver

Ia menyebutkan, hal ini selaras dengan keinginan positif Pemerintah Indonesia melalui beberapa aktivitas seperti aktif dalam Konferensi Perubahan Iklim Persatuan Bangsa-Bangsa, Climate Change Conference of the Parties - COP 26 Glasgow, maupun Regulasi Pemerintah terkait pajak emisi karbon.

Toyota Prius PHEV resmi jadi Taksi BluebirdKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota Prius PHEV resmi jadi Taksi Bluebird

Lewat studi berkelanjutan, Toyota berinovasi guna menyediakan berbagai pilihan sarana mobilitas sesuai kebutuhan konsumen yang sangat luas dan ramah lingkungan.

Selain mengadopsi teknologi-teknologi yang rendah emisi seperti Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing-Intelligent (VVT-I), Dual VVT-I dan lainnya.

TAM juga menghadirkan kendaraan elektrifikasi mulai dari teknologi HEV, PHEV, hingga BEV melalui merek Toyota dan Lexus sehingga konsumen bisa memilih teknologi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Hino Masih Pikir-pikir Bawa Sasis Bus Tronton Ke Indonesia

Saat ini, Toyota memiliki 55 lini kendaraan elektrifikasi secara global yang terdiri dari kendaraan berteknologi HEV, PHEV, BEV, maupun FCEV dengan total penjualan lebih dari 2 juta unit setiap tahunnya.

Toyota secara global telah menjual lebih dari 18 juta unit kendaraan elektrifikasi hingga saat ini dan telah mengurangi total kumulatif emisi karbon sebesar 140 juta ton dalam waktu lebih dari 20 tahun.

Toyota C+PodKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Toyota C+Pod

Di Indonesia, TAM pertama kali menghadirkan kendaraan elektrifikasi HEV melalui Toyota Prius Hybrid pada 2009 dan Lexus LS600h pada 2010. Hingga saat ini, Toyota Indonesia telah memiliki 10 model kendaraan elektrifikasi mulai dari HEV, PHEV, serta BEV dan sudah membukukan penjualan hampir 5.000 unit.

Baca juga: Ganjil Genap Tetap Berlaku di Tempat Wisata Selama PPKM Level 3 Libur Nataru

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto mengatakan, Toyota senantiasa mendukung keinginan positif Pemerintah mengakselerasi kehadiran kendaraan-kendaraan ramah lingkungan.

Maret 2021, Toyota sudah menghadirkan EV Smart Mobility di Nusa Dua, Bali. Dua model BEV Toyota yaitu C+Pod dan COMS digunakan menjadi satu ekosistem BEV lengkap agar masyarakat bisa memiliki pengalaman bermobilitas dengan kendaraan elektrifikasi yang berada di komplek area wisata, serta untuk mendukung wisata ramah lingkungan.

Selain itu, Toyota berkolaborasi dengan taksi Bluebird untuk PHEV Bluebird sebagai salah satu langkah untuk mempopulerkan teknologi ini. Henry mengatakan, EV Smart Mobility jadi salah satu upaya memperkenalkan teknologi kendaraan elektrifikasi ke masyarakat lebih luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com