Toyota Dukung Pengembangan Elektrifikasi Kendaraan di Indonesia

Kompas.com - 24/11/2021, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali berpartisipasi pada Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 yang berlangsung pada 24—26 November 2021 yang diselenggarakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Menempati booth seluas 100 meter persegi di Gedung Pusat Inovasi dan Bisnis Teknologi - BRIN, Kawasan Puspitek, TAM menghadirkan 3 unit kendaraan elektrifikasi andalan mereka, yakni Lexus UX 300E, C+Pod, dan Prius PHEV Bluebird.

“Kami hadir di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 sebagai komitmen mendukung upaya Pemerintah mengembangan teknologi kendaraan elektrifikasi dan mengurangi emisi CO2 di Indonesia secara berkelanjutan melalui penyediaan produk berbasis elektrifikasi dan ramah lingkungan,” ujar Susumu Matsuda, President Director PT TAM, pada pembukaan IEMS 2021, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Gojek Bakal Sewakan Motor Listrik buat Mitra Driver

Ia menyebutkan, hal ini selaras dengan keinginan positif Pemerintah Indonesia melalui beberapa aktivitas seperti aktif dalam Konferensi Perubahan Iklim Persatuan Bangsa-Bangsa, Climate Change Conference of the Parties - COP 26 Glasgow, maupun Regulasi Pemerintah terkait pajak emisi karbon.

Toyota Prius PHEV resmi jadi Taksi BluebirdKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota Prius PHEV resmi jadi Taksi Bluebird

Lewat studi berkelanjutan, Toyota berinovasi guna menyediakan berbagai pilihan sarana mobilitas sesuai kebutuhan konsumen yang sangat luas dan ramah lingkungan.

Selain mengadopsi teknologi-teknologi yang rendah emisi seperti Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing-Intelligent (VVT-I), Dual VVT-I dan lainnya.

TAM juga menghadirkan kendaraan elektrifikasi mulai dari teknologi HEV, PHEV, hingga BEV melalui merek Toyota dan Lexus sehingga konsumen bisa memilih teknologi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Hino Masih Pikir-pikir Bawa Sasis Bus Tronton Ke Indonesia

Saat ini, Toyota memiliki 55 lini kendaraan elektrifikasi secara global yang terdiri dari kendaraan berteknologi HEV, PHEV, BEV, maupun FCEV dengan total penjualan lebih dari 2 juta unit setiap tahunnya.

Toyota secara global telah menjual lebih dari 18 juta unit kendaraan elektrifikasi hingga saat ini dan telah mengurangi total kumulatif emisi karbon sebesar 140 juta ton dalam waktu lebih dari 20 tahun.

Toyota C+PodKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Toyota C+Pod

Di Indonesia, TAM pertama kali menghadirkan kendaraan elektrifikasi HEV melalui Toyota Prius Hybrid pada 2009 dan Lexus LS600h pada 2010. Hingga saat ini, Toyota Indonesia telah memiliki 10 model kendaraan elektrifikasi mulai dari HEV, PHEV, serta BEV dan sudah membukukan penjualan hampir 5.000 unit.

Baca juga: Ganjil Genap Tetap Berlaku di Tempat Wisata Selama PPKM Level 3 Libur Nataru

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto mengatakan, Toyota senantiasa mendukung keinginan positif Pemerintah mengakselerasi kehadiran kendaraan-kendaraan ramah lingkungan.

Maret 2021, Toyota sudah menghadirkan EV Smart Mobility di Nusa Dua, Bali. Dua model BEV Toyota yaitu C+Pod dan COMS digunakan menjadi satu ekosistem BEV lengkap agar masyarakat bisa memiliki pengalaman bermobilitas dengan kendaraan elektrifikasi yang berada di komplek area wisata, serta untuk mendukung wisata ramah lingkungan.

Selain itu, Toyota berkolaborasi dengan taksi Bluebird untuk PHEV Bluebird sebagai salah satu langkah untuk mempopulerkan teknologi ini. Henry mengatakan, EV Smart Mobility jadi salah satu upaya memperkenalkan teknologi kendaraan elektrifikasi ke masyarakat lebih luas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.