Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komitmen Toyota di Indonesia Hadirkan Pilihan Teknologi Mobil Listrik yang Lengkap

Kompas.com - 24/11/2021, 16:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali berpartisipasi pada ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 yang berlangsung di Kawasan Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan pada 24-26 November 2021.

Dalam pameran yang diselenggarakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini, ada tiga unit produk kendaraan elektrifikasi yang tampil yakni Lexus UX 300e, C+Pod, dan Prius PHEV Bluebird.

"Kami hadir di IEMS 2021 sebagai wujud komitmen mendukung upaya pemerintah dalam pengembangan teknologi kendaraan elektrifikasi dan mengurangi emisi CO2 di Indonesia secara berkelanjutan," kata Susumu Matsuda, President Director TAM di Tangerang, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Pameran Kendaraan Listrik IEMS 2021 Resmi Dibuka

Toyota Indonesia berpartisipasi dalam ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 yang berlangsung di Kawasan Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan pada 24-26 November 2021.KOMPAS.com/Ruly Toyota Indonesia berpartisipasi dalam ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 yang berlangsung di Kawasan Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan pada 24-26 November 2021.

Menurut Matsuda, sebagai perusahaan mobilitas menghadirkan berbagai pilihan kendaraan elektrifikasi bagi masyarakat ialah suatu kewajiban guna mendorong penciptaan ekosistemnya baik meliputi produk, teknologi, dan layanannya.

Sehingga, multi pathway menjadi dasar pemikiran perseroan di mana tak hanya berfokus pada menghadirkan kendaraan listrik murni (BEV), tetapi juga hybrid electric vehicle (HEV) dan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV).

"Basic thingking dari kita itu ialah multi plath-way. Kita akan perkenalkan seluruh electric vehicle di Indonesia sehingga seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dalam upaya mengurangi CO2," kata Warih Andang Tjahjono Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMIIN).

Toyota sendiri telah melakukan gerakan pengurangan emisi sejak dulu. Perseroan menilai upaya mengurangi produksi CO2 dari kendaraan bermotor tanpa mengurangi pula aktivitas mobilitas masyarakat merupakan tantangan besar yang harus dihadapi.

Baca juga: Korlantas Polri Wacanakan BPKB Berbasis Digital

Suasana booth Toyota di GIIAS 2021.Dok. TAM Suasana booth Toyota di GIIAS 2021.

Melalui studi berkelanjutan yang dilandasi semangat Kaizen, Toyota melakukan inovasi teknologi otomotif guna menyediakan berbagai pilihan sarana mobilitas sesuai kebutuhan pelanggan yang sangat luas dan ramah lingkungan.

Selain mengadopsi teknologi-teknologi yang rendah emisi seperti, Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing-Intelligent (VVT-I), Dual VVT-I dan lainnya.

Sejalan dengan tren perkembangan teknologi, TAM juga telah menghadirkan kendaraan elektrifikasi berteknologi HEV, PHEV, hingga BEV melalui dua brand Toyota dan Lexus sehingga pelanggan dapat memilih teknologi mana yang sesuai dengan kebutuhannya.

Saat ini, Toyota memiliki 55 line-up kendaraan elektrifikasi secara global yang terdiri dari kendaraan berteknologi HEV, PHEV, BEV, maupun FCEV dengan total penjualan lebih dari 2 juta unit setiap tahunnya.

"Toyota secara global telah menjual lebih dari 18 juta unit kendaraan elektrifikasi hingga saat ini dan telah mengurangi total kumulatif emisi karbon sebesar 140 juta ton dalam waktu lebih dari 20 tahun," kata Matsuda.

Baca juga: Kena Senggol Truk, Hati-hati Blind Spot Truk Saat Parkir

Kehadiran produk terbaru dari Lexus di GIIAS 2021, ES 300hKOMPAS.com/Ruly Kehadiran produk terbaru dari Lexus di GIIAS 2021, ES 300h

Di Indonesia, TAM pertama kali menghadirkan kendaraan elektrifikasi HEV melalui Toyota Prius Hybrid pada 2009 dan Lexus LS600h pada 2010.

Hingga kini, Toyota Indonesia telah memiliki 10 model kendaraan elektrifikasi mulai dari HEV, PHEV, serta BEV dimana secara total telah membukukan penjualan hampir 5.000 unit.

Kehadiran kendaraan HEV di Indonesia juga mendapat respon yang positif. Untuk Corolla Cross Hybrid misalnya, dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan sejak peluncuran resmi, penjualannya mencapai 652 unit dan 1.070 unit selama 2021 atau meningkat 64 persen dibanding tahun lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com