Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Otoparts Raih Pendapatan Bersih Rp 11,041 Triliun

Kompas.com - 09/11/2021, 12:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Otoparts Tbk selama sembilan bulan pertama 2021 membukukan pendapatan bersih Rp 11,041 triliun. Kenaikan tersebut disebabkan segmen usaha manufaktur dan perdagangan yang terus membaik.

Segmen manufaktur memberikan kontribusi sebesar 49 persen dan perdagangan sebesar 51 persen. Walaupun memang secara makro ekonomi saat ini masih tidak menentu karena pandemi, Astra Otoparts bisa menunjukkan kinerja positif.

Per 30 September 2021, Astra Otoparts membukukan laba bersi Rp 446 miliar. Tentu ini sangat baik jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2020, di mana Astra otoparts membukukan rugi bersih Rp 243 miliar.

Baca juga: Geber Knalpot di Lampu Merah, Pengendara Motor Kena Tempeleng Petugas

kenaikan pendapatan bersih Astra Otoparts selama sembilan bulan pertama 2021DOK. ASTRA OTOPARTS kenaikan pendapatan bersih Astra Otoparts selama sembilan bulan pertama 2021

Dalam segmen usaha manufaktur, Astra Otoparts memproduksi komponen dan rangkaiannya dengan taraf internasional dan bermitra dengan berbagai suku cadang kelas dunia untuk dipasarkan ke pasar pabrikan otomotif (OEM/ Original Equipment Manufacturer) maupun pasar suku cadang pengganti (REM/ Replacement Market), baik untuk kendaraan roda dua, roda empat, maupun kendaraan komersial.

Pada sembilan bulan pertama tahun 2021, total usaha manufaktur memberikan kontribusi sebesar 49 persen dari total pendapatan bersih Perseroan, dengan total penjualan sebesar Rp 5,429 triliun atau naik sebesar 44 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Sedangkan di segmen perdagangan, selama sembilan bulan pertama memberikan kontribusi dengan total pendapatan Rp 5,612 miliar atau 51 persen dari total pendapatan bersih Perseroan.

Baca juga: Ini Masalah yang Sering Dialami Xpander Model Lawas

Sektor perdagangan meliputi jaringan distribusi suku cadang pengganti yang mencakup 49 diler utama dan 24 kantor penjualan yang melayani 12.000 toko suku cadang di seluruh Indonesia.

Di pasar ekspor, Perseroan melayani lebih dari 40 negara di kawasan Afrika, Amerika, Asia Oseania, Eropa, dan Timur Tengah. Perseroan juga memiliki jaringan perdagangan ritel modern dengan nama Shop&Drive dengan total 372 outlet, bengkel perawatan berkala khusus kendaraan roda 4 yang melayani seluruh merek di Indonesia yaitu Astra Otoservice, serta platform perdagangan online www.astraotoshop.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com