Beda Kabel-kabel Honda PCX Hybrid dengan Versi Standar

Kompas.com - 09/11/2021, 11:42 WIB
Honda PCX e:HEV meluncur juga di Thailand AP HondaHonda PCX e:HEV meluncur juga di Thailand


JAKARTA, KOMPAS.com - Honda PCX-Series punya tiga model yaitu PCX 160 versi bahan bakar konvensional, PCX Hybrid alias PCX e:HEV, dan versi listrik atau PCX Electric.

PCX e:HEV merupakan perpaduan BBM dan teknologi elektrik. Mengadopsi motor assist system sebagai penunjang mesin bensin atau penggerak utama untuk menambah akselerasi.

 

Honda All New PCX e:HEV alias PCX HybridDok. AHM Honda All New PCX e:HEV alias PCX Hybrid

Wahyu, Instructor Training Center Wahana Makmur Sejati, mengatakan, karena dibekali perangkat elektronik tambahan maka kabel-kabel bodi PCX e:HEV berbeda dengan PCX standar.

Baca juga: Geber Knalpot di Lampu Merah, Pengendara Motor Kena Tempeleng Petugas

Beberapa kabel ditandai dengan penanda warna sebagai identitas bahwa kabel tersebut punya arus listrik yang lebih besar. Warnanya pun berbeda-beda tergantung besar tegangan.

"Karena sengatan arus DC lebih berbahaya, karena itu di motor hibrida ini kabel bodi diberikan warna khusus. Biasanya (di motor standar) isolasi (kabel) warna hitam kalau hibrida ini warna keunguan," katanya saat telekonferensi, Senin (8/11/2021).

 

Honda All New PCX e:HEV alias PCX HybridDok. AHM Honda All New PCX e:HEV alias PCX Hybrid

"Ada juga yang sebagian lainnya orange. Kalau ungu (tandanya) bahaya dalam arti harus ada penanganan khusus pada saat waktu memegang atau akan bersentuhan dengan kabel," kata Wahyu.

Baca juga: Peluang Naik Podium Alex Marquez Terbuang Gara-gara Red Flag

Untuk diketahui, ada tiga komponen pembeda antara PCX e:HEV dengan PCX standar, yaitu memakai main battery Lithium Ion, power unit berupa motor assist power drive unit, dan Battery Management Unit (BMU).

Adapun beberapa komponen pendukungnya berupa Down Regulator, Junction Unit dan Sub-battery serta combination meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.