Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Single Glass Baru PO Juragan 99, Punya Pandangan Los

Kompas.com - 05/11/2021, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Adiputro baru saja merilis satu unit bus milik PO Juragan 99. Berbeda dengan rilisan Adiputro lainnya, bus milik PO Juragan 99 ini menggunakan model single glass atau kaca tunggal.

Bodi bus yang dipilih PO Juragan 99 yaitu Jetbus 3+ MHD yang dipasang ke sasis Mercedes Benz OH 1626. Bodi tersebut punya kelebihan seperti bagasinya yang tembus sehingga lebih lega dan bisa memuat banyak barang.

Masih membahas soal bodinya, perbedaan bus ini terletak di bagian depan, di mana sudah tidak ada sekat yang memisahkan kaca depan. Keunggulan dari bus single glass adalah pandangan penumpang yang tidak terhalang ke arah depan.

Baca juga: Sanksi Tilang Uji Emisi di DKI Jakarta Batal Diberlakukan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Jika melihat ke bagian samping, bus berkelir hitam dengan livery merah ini menghilangkan selendang voyager atau ‘geprek’ khas Jetbus 3+. Jadi pandangan penumpang ke samping juga sangat leluasa, tidak ada selendang yang menhalangi.

“Untuk selendang, memang permintaan dari Juragan 99 untuk tidak dipasang,” ucap Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus karoseri Adiputro kepada Kompas.com, Kamis (4/11/2021).

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Vanessa Angel, Penumpang Mobil Wajib Pakai Sabuk Pengaman

Kabin bus pariwisata PO Juragan 99DOK. ADIPUTRO Kabin bus pariwisata PO Juragan 99

Bisa dibilang, tampilan bodi Jetbus 3+ MHD ini cukup polos dengan tidak hadirnya bando di depan dan selendang di bagian samping. Walaupun begitu, salah satu yang diuntungkan dari model bus seperti ini adalah penumpang.

Masuk ke kabin, terdapat fasilitas berupa dispenser di bagian depan. Selain itu bangku juga disusun dua di kanan dan dua di kiri (2-2) namun tanpa sandaran kaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com