Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampu Indikator Bensin Motor Nyala, Berapa Liter yang Tersisa di Tangki?

Kompas.com - 01/11/2021, 13:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehabisan bensin saat di tengah perjalanan bisa terjadi pada siapapun, terutama jika pengendara abai terhadap indikator bahan bakar pada panel instrumen sepeda motornya.

Selain itu, ada pula pengendara yang hanya mengandalkan perasaan dan yakin bahwa kendaraannya masih bisa melaju beberapa kilometer lagi meski indikator bahan bakar sudah menunjukkan tanda pada huruf E.

Perlu diingat, ketika indikator bahan bakar sudah berkedip atau menunjukkan tanda huruf E alias empty, tangki bahan bakar tidak benar-benar kosong.

Baca juga: Taat Bayar Pajak, Kendaraan Akan Ditempel Stiker Hologram

Pada sepeda motor lawas yang masih menggunakan teknologi karburator, terdapat cadangan bahan bakar yang tersimpan di reservoir (RES).

Ketika indikator menunjukkan bensin habis, pengendara tinggal memutar keran bensin ke posisi RES untuk menggunakan bensin cadangan.

Ilustrasi indikator bensinyoutube.com Ilustrasi indikator bensin

"Kalau di Satria FU, sekitar 0,8 liter. Tapi, kembali lagi setiap motor berbeda-beda," ujar Riecky Patrayudha, Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Lantas pada sepeda motor berteknologi injeksi, tidak ada keran maupun reservoir untuk menyimpan bensin cadangan. Bensin pada tangki langsung disedot oleh pompa bensin.

Baca juga: Rossi Bocorkan 2 Masalah Utama Motor Yamaha M1

"Pada motor matik atau skutik, jika indikator bensin sudah berkedip, sisa bensinnya sekitar 0,6 liter. Tapi, untuk motor sport perkiraan 0,8 liter sampai 1 liter," kata Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung.

Indikator bahan bakar yang berkedip atau menunjukkan tanda huruf E memang tidak berarti tangki bensin benar-benar kosong. Pengendara masih bisa melanjutkan perjalanan untuk beberapa saat.

Namun, jarak yang bisa ditempuh akan berbeda-beda untuk tiap jenis sepeda motor dan karakteristik pengendara.

Sebab daya konsumsi bensin turut dipengaruhi oleh cara berkendara, kondisi jalan, dan beban yang diangkut sepeda motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com