Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Terbakar di Rasuna Said, Kenali Penyababnya

Kompas.com - 29/10/2021, 19:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial sepeda motor terbakar di depan Plaza Festival, Rasuna Said pada Jumat (29/10/2021) pagi.

Dalam video yang diunggah oleh akun Jakarta Info, terlihat petugas yang berusaha memadamkan kobaran yang menyelimuti motor menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). Hingga video selesai, tidak dijelaskan apakah api berhasil dipadamkan atau tidak.

Insiden motor terbakar memang bukan pertama kali terjadi, untuk itu pengendara mesti selalu waspada untuk mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan sepeda motor terbakar.

Baca juga: Modifikasi Yamaha All New Aerox 155 Kolaborasi dengan Prostreet

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi mengatakan, kemungkinan besar disebabkan karena adanya kebocoran dari selang bahan bakar (bensin).

“Biasanya disebabkan karena adanya kebocoran dari selang bahan bakar, sehingga jika terkena percikan api tidak lompat dari oleh koil ke busi, tapi keluar (ground) mesin. Sehingga terjadi kebakaran,” ujar Ribut kepada Kompas.com, Jumat (29/10/2021).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JAKARTA INFO (@jktinfo)

Namun, Ribut menambahkan, rembesan bisa terjadi karena banyak hal, bukan hanya karena isi bensin terlalu penuh sampai luber.

Sebab isi bensin sampai luber pun masih cukup aman, karena sudah ada karet pelindung di sekitar tutup tangki dan dilengkapi selang yang standarnya mengarah langsung ke tanah.

Baca juga: Kupas All New Honda Civic Varian Tertinggi, Pertama Kali Jadi RS

“Karena kalau cuma luber langsung habis terkena angin. Menurut saya tidak ada faktor lain, penyebab motor terbakar yang paling utama karena adanya bahan bakar yang rembes atau bocor,” katanya.

Untuk menghindari hal ini, Ribut menyarankan pemilik sepeda motor untuk selalu melakukan servis rutin kendaraannya.

“Harus sering servis rutin di bengkel, terutama di bengkel resmi, karena di situ akan selalu diperiksa termasuk keamanan dari selang-selang tersebut juga kabel businya,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com