Kata Pol Espargaro, Pandemi Bikin Pengembangan RC213V Jadi Lambat

Kompas.com - 29/10/2021, 19:31 WIB
Pol Espargaro saat sesi latihan bebas pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP) KARIM JAAFARPol Espargaro saat sesi latihan bebas pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pebalap Honda mengalami kesulitan untuk tampil kompetitif di musim ini. Salah satunya adalah Pol Espargaro yang musim ini adalah musim pertamanya menjadi bagian Repsol Honda Team.

Adik dari Aleix Espargaro ini mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan RC213V. Selain itu, dia juga merasakan perkembangan Honda tidak secepat pabrikan Eropa, seperti Ducati, Aprilia, dan KTM.

Baca juga: Kata Pol Espargaro Usai Tes Prototipe Motor Balap Honda RC-V 2022

Hingga pertengahan musim, Pol bahkan tidak pernah finis di lima besar. Baru para MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone dia bisa meraih pole position, tapi tetap saja finis di urutan kelima.

Pol Espargaro saat sesi latihan bebas pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR Pol Espargaro saat sesi latihan bebas pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

"Saya lihat Honda bekerja di masa Corona. Mereka terus bekerja secara maksimal, meskipun ketika situasi Covid-19 di Eropa sangat buruk," ujar Pol, dikutip dari Speedweek.com, Jumat (29/10/2021).

Namun, langkah Jepang yang memandang serius hingga ketat melakukan protokol kesehatan diyakini oleh Pol sebagai alasan mengapa pengembangan motor bisa terhambat.

Baca juga: Bos Repsol Honda Masih Percaya dengan Pol Espargaro

"Orang Jepang melihat Corona lebih serius dibanding orang Eropa. Tentunya, hasilnya, mereka lebih menderita dibanding pabrikan Eropa di masa Covid. Sementara pabrikan Eropa, sudah melakukan langkah besar dalam pengembangannya," kata Pol.

Pol Espargaro saat sesi tes pertama di QatarDok. Boxrepsol Pol Espargaro saat sesi tes pertama di Qatar

Balapan di Sirkuit Misano, Italia, memberikan kemudahan tersendiri bagi Pol. Saat balapan di MotoGP San Marino, Pol akhirnya meraih hasil lebih baik, yakni finis di urutan ketujuh. Lalu, di MotoGP Emilia Romagna, dia start dari urutan keempat dan finis di posisi kedua.

Hasil tersebut dibantu juga berkat sesi tes yang digelar di Misano beberapa pekan sebelumnya. Pol mengaku fokus untuk meningkatkan grip ban belakang. Sehingga, dia bisa mengendarai RC213V seperti biasanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.