Ekspor Perdana Motor Listrik Gesits ke Senegal, Dikirim 1 Kontainer

Kompas.com - 17/10/2021, 14:21 WIB
Motor listrik Gesits                         Foto: IstimewaMotor listrik Gesits

JAKARTA, KOMPAS.com - PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) melakukan ekspor perdana Motor Listrik Gesits ke Senegal, pada hari Sabtu (16/10/2021). Sebanyak satu kontainer Motor Listrik Gesits dilepas dari Pabrik WIMA di Kawasan Industri WIKA, Cileungsi-Bogor.

Direktur Utama WIMA, M. Samyarto mengatakan, ekspor motor listrik Gesits ini perdana dilakukan oleh WIMA setelah pada bulan Juni lalu dilakukan peluncuran resmi Gesits di Senegal oleh Duta Besar RI Dakar.

“Pelaksanaan ekspor perdana Motor Listrik Gesits ini adalah suatu bukti nyata bahwa kualitas produk yang lahir dari anak bangsa Indonesia, tidak hanya dapat digunakan di Indonesia saja, namun mampu bersaing di pasar global,” ujar Samyarto dikutip dari keterangan resmi, Minggu (17/10/2021).

Baca juga: Beli Yamaha Gear 125 Bisa Modifikasi Desain Sendiri

Lebih lanjut, Samyarto, juga menggarisbawahi bahwa pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan banyak pihak, diantaranya Kementrian Luar Negeri Indonesia khususnya Kedutaan Besar RI di Dakar, yang turut mempromosikan Gesits di kawasan Afrika Barat.

Di mana dukungan tersebut merupakan wujud nyata pelaksanaan diplomasi ekonomi untuk menembus pasar prospektif di wilayah Afrika Barat serta bentuk konkrit dukungan program “BUMN Go-Global”.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ekspor perdana ini juga disaksikan oleh Duta Besar RI Dakar, Bapak Dindin Wahyudin melalui virtual zoom, Direktur Operasi III PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan Kadiv Luar Negeri WIKA, Jajaran Direksi PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi, serta Direksi & Manajemen PT WIKA Industri Manufaktur.

Momentum kedatangan motor listrik Gesits tersebut, nantinya akan dimanfaatkan KBRI Dakar pada acara pameran dagang terbesar di Senegal (FIDAK), awal Desember 2021. Pameran Dagang ini tidak hanya akan dihadiri oleh masyarakat Senegal, namun juga potential buyers dari negara-negara lain, khususnya dari wilayah Afrika Barat.

WIMA buka flagship store Gesits di Cawang, Jakarta Timur.                   Foto: Istimewa WIMA buka flagship store Gesits di Cawang, Jakarta Timur.

Sekilas tentang Gesits

Gesits merupakan karya anak bangsa Indonesia pertama yang menggunakan teknologi motor bertenaga listrik.

Motor Gesits telah mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari Kementerian Perhubungan RI sehingga sudah layak untuk digunakan masyarakat umum dan dapat diterbitkan STNK/BPKB layaknya sepeda motor konvensional saat ini.

Gesits memiliki 162 komponen dengan 85 persen komponen diproduksi di dalam negeri yang dipasok oleh 24 perusahaan dan 5 diantaranya BUMN. Untuk Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Gesits saat ini sebesar 46,73 persen.

Baca juga: Gagal Ngerem, Bus Sugeng Rahayu Tabrak Pengendara Motor

Motor listrik ini memiliki tenaga puncak 5 kW dan menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas 1.44 KWh untuk 1 baterai den dapat digunakan dengan 2 baterai sehingga dapat berjalan hingga 100 kilometer per satu kali pengisian daya. Waktu pengisian daya antara 3 hingga 4 jam, dengan 30 min pertama dapat menempuh jarak 10 Km.

Selain itu Gesits juga sudah dilengkapi fitur double disk brake, transmisi pulley, suspensi belakang monoshock, LED Daytime Running Lights, HID Projector Head Lamps. Selain itu, GESITS juga dilengkapi dengan digital dashboard yang dapat terkoneksi dengan ponsel pengendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.