Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Isuzu Hadapi Kebijakan Mesin Diesel Euro4 Tahun Depan

Kompas.com - 27/08/2021, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia berencana memberlakukan standar Euro4 pada mesin diesel pada April 2022. Nantinya, semua kendaraan bermesin diesel yang diproduksi di Indonesia, harus memenuhi standar Euro4.

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan kalau sudah siap menghadapi kebijakan tersebut. IAMI sudah mempersiapkan mulai dari produk, aftersales, sampai edukasi ke pelanggannya.

Attias Asril, Marketing Division Head PT IAMI mengatakan, produk Isuzu yang sudah memenuhi standar Euro4 dengan memakai sistem common rail sudah diluncurkan lebih dari 10 tahun lalu, yaitu Isuzu Giga.

Baca juga: Lampu Lalu Lintas Menyala Hijau, Jangan Main Tancap Gas

Isuzu Traga versi minibus/blindvanGridOto.com Isuzu Traga versi minibus/blindvan

Elf NMR81 yang diluncurkan tahun 2018 pun sudah menggunakan common rail. Kemudian akhir 2019 juga kita sudah melakukan ekspor Traga, menggunakan mesin yang sudah Euro4,” kata Attias dalam acara Workshop Wartawan Industri 2021, Jumat (27/8/2021).

Saat ini IAMI pun menyiapkan ekosistem Isuzu di Indonesia agar siap menghadapi kebijakan tahun 2022. Untuk aftersales, mulai diler dan bengkel rekanan, sudah disiapkan program untuk mulai memberikan edukasi dan training.

Baca juga: Punya Gaji Rp 10 Juta Per Bulan Baru Bisa Kredit Avanza

“Begitu juga karoseri, untuk komersial, dipersiapkan mengenai rancang bangun karena harus dilakukan penyesuaian karena adanya perubahan produk,” ucap Attias.

Fokus lainnya adalah kepada customer, untuk mempersiapkan edukasi dan training. Jadi tidak hanya diler dan bengkel rekanan, customer juga biasanya memiliki tim mekanik sendiri untuk merawat dan memperbaiki armadanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com