Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Lagi, Keluhan Soal Kerusakan AC Wuling Confero S

Kompas.com - 02/08/2021, 14:43 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keluhan para pengguna mobil Wuling atas kinerja hembusan air conditioner (AC) yang secara tiba-tiba tak dingin kembali hangat di forum media sosial komunitas dan pemilik.

Kejadian tersebut kerap ditemui pada model tertentu dengan usia pakai sekitar tiga tahun, seperti Confero dan Almaz. Padahal, penggunaan mobil diklaimnya untuk harian saja alias tidak terlalu berat.

"Motor fan Wuling hanya satu, tapi fungsinya untuk pendingin mesin dan AC sehingga masa pakainya jadi cepat," kata salah satu pemilik yang enggan disebutkan namanya, Senin (2/8/2021).

Baca juga: SIM Mati Saat PPKM Level 4, Hari Ini Waktu Terakhir Dispensasi

Interior New Wuling Confero SKompas.com/Donny Interior New Wuling Confero S

Meski demikian, pemilik sebenarnya bisa mengatasi masalah tersebut sendiri dengan mengecek beberapa bagian penting seperti relay kompresor. Bahkan pada beberapa forum otomotif, cukup banyak pembahasan mengenai cara penyelesaiannya.

Tetapi mengingat masalah serupa kerap hadir sejak setahun belakangan pada produk tertentu, agaknya perlu penanganan dan penjelasan dari pihak agen pemegang merek (APM) Wuling di Indonesia.

Namun saat dihubungi Kompas.com, Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko dan Media Relation Wuling Motors Brian Gomgom tidak memberikan tanggapan. Konfirmasi mengenai masalah di atas pun tidak dipastikannya.

Sebagai informasi, Wuling merupakan merek mobil asal Tiongkok yang telah menyatakan komitmen panjangnya di pasar dalam negeri mulai 2015.

Baca juga: Saat Mengemudi, Jaga Pandangan Jauh Ke Depan

Interior Wuling Almaz RSKOMPAS.com/Ruly Interior Wuling Almaz RS

Langkah ini sejalan dengan potensi besar yang dimiliki Indonesia di wilayah Asia Tenggara.

Melalui PT SGMW Motor Indonesia, perseroan melakukan peletakan batu pertama sebagai peresmian perusahaan pada 20 Agustus 2015. Kemudian, mereka membuat pabrik di Greenland International Center (GIIC) Cikarang, Jawa Barat yang mulai beroperasi Juli 2017.

Pada pabrik seluas 60 hektar itu, beberapa produk unggulan Wuling diproduksi seperti Confero S, Cortez, Formo, dan Almaz. Kendaraan diposisikan sebagai mobil berharga terjangkau yang canggih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com