Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Mobil Bekas yang Sudah Dimodifikasi Sulit Dijual?

Kompas.com - 14/07/2021, 08:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bekas jadi opsi alternatif bagi masyarakat yang hendak membeli mobil tetapi terbentur oleh keterbatasan dana.

Meski statusnya adalah kendaraan bekas pakai, bukan berarti mobil bekas selalu dijual dalam keadaan minus. Di berbagai bursa mobil bekas masih umum ditemukan unit-unit yang dijual dengan kondisi layak pakai tanpa butuh banyak perbaikan.

Ketika membeli mobil bekas, calon pembeli biasanya akan melakukan pengecekan di berbagai aspek. Mulai dari kondisi bodi, mesin, kaki-kaki, kelistrikan, hingga kelengkapan surat-surat kepemilikan.

Baca juga: Ini Kriteria Mobil Bekas yang Sulit Dijual

Ilustrasi Mobil ModifikasiKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi Mobil Modifikasi

Selain itu, tidak jarang orang mencari mobil bekas dengan kondisi yang masih orisinal alias belum mengalami proses modifikasi. Tingkat orisinalitas dilihat dari bentuk dan berbagai onderdil yang terpasang masih sama seperti saat baru keluar dari pabrikan.

Lantas apakah benar mobil yang sudah dimodifikasi kurang diminati di bursa mobil bekas dan sulit dijual kembali?

Pemilik showroom mobil bekas XL AHM Autocars Hadi Cahyono mengatakan bahwa sebagian besar pembeli mobil bekas akan memilih mobil yang kondisinya masih standar.

Baca juga: Ditargetkan Berlaku mulai Agustus, Ini Golongan Baru SIM C

“Pembeli akan lebih memilih mobil yang masih orian. Misalkan ada komponen yang sudah tidak ori pasti akan ditanyakan di mana orinya,” kata Hadi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Tren warna mobil pada 2020 didominasi warna kalemFoto: Istimewa Tren warna mobil pada 2020 didominasi warna kalem

Ia pun menuturkan bahwa mobil dengan kondisi standar umumnya lebih lebih cepat laku terjual dibandingkan dengan mobil yang sudah dimodifikasi. Meskipun sebenarnya kegiatan modifikasi yang dilakukan tentu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Baca juga: Rumor Calon Pesaing Avanza dan Xpander dari Hyundai Bernama Stargazer

Di lain kesempatan, Sekretaris Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) DKI Jakarta Ifan Ramadhana juga mengatakan bahwa umumnya mobil bekas yang masih orisinal akan dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibanding mobil bekas yang sudah banyak diubah.

Namun Ifan menjelaskan ada beberapa contoh kasus di mana sebuah mobil bekas yang dimodifikasi dibanderol dengan harga yang lebih tinggi. 

Menurut dia, ini bisa terjadi karena modifikasi yang dilakukan menggunakan sparepart khusus untuk model mobil tersebut. Komponen yang dipasang pun asli bukan replika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com