PPKM Darurat, Sebagian Akses Tol di Jateng dan Jatim Tutup Sementara

Kompas.com - 14/07/2021, 07:02 WIB
Jalan Tol Jasa Marga Group Jasa Marga Jalan Tol Jasa Marga Group

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya memaksimalkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Jawa-Bali, kepolisian akan menutup sebagian jalan tol di Jawa Tengah dan Jawa Timur mulai 16 Juli 2021.

Dikatakan oleh Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Jateng) Irjen Ahmad Luthfi, 27 pintu keluar tol di Jateng bakal ditutup pada 16-22 Juli 2021 guna menekan mobilitas masyarakat.

“Kendaraan yang diizinkan melintas hanya yang berkaitan dengan sektor esensial dan kritikal sesuai Permendagri Nomor 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat,” kata Ahmad, Selasa (13/7/2021).

Baca juga: Pengendara Moge Boleh Pakai SIM C1

Para pengendara diminta berputar balik di sejumlah titik penyekatan menuju jalan protokol (pusat kota) di Bandar Lampung pada hari pertama penerapan PPKM darurat, Senin (12/7/2021).KOMPAS.COM/TRI PURNA JAYA Para pengendara diminta berputar balik di sejumlah titik penyekatan menuju jalan protokol (pusat kota) di Bandar Lampung pada hari pertama penerapan PPKM darurat, Senin (12/7/2021).

Dirinya mengungkapkan bahwa Covid-19 menyebar melalui mobilitas barang dan masyarakat dari dan ke wilayah tertentu.

Ahmad melanjutkan, penutupan semua pintu keluar tol dikarenakan Provinsi Jateng merupakan wilayah tujuan, baik untuk mudik libur Idul Adha maupun akhir pekan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam kesempatan terpisah, Kabid Humas Polda Jateng Kombes M Iqbal Alqudusy mengatakan, ada 27 exit tol mulai dari Brebes hingga Sragen yang akan ditutup sampai tanggal 22 Juli 2021.

"Hasil kordinasi dengan forkopimda Jawa Tengah, seluruh akses masuk Jawa Tengah ditutup, termasuk exit tol di 27 pintu exit tol akan kita tutup total mulai Jumat tanggal 16 sampai dengan tanggal 22," kata Iqbal.

"Semua exit tol dari Brebes sampai perbatasan Sragen. Dari Jakarta tidak bisa ke Jateng, dari Jatim juga tidak bisa ke Jateng," ucap dia menegaskan.

Baca juga: Mobil Terparkir Selama PPKM Darurat, Waspada Muncul Jamur pada Kabin

Resta Pendopo KM 456 Salatiga di Tol Semarang-Solo.Dok. PT Trans Marga Jateng Resta Pendopo KM 456 Salatiga di Tol Semarang-Solo.

Penutupan beberapa akses jalan tol juga dilakukan di Jawa Timur. Beberapa pintu keluar jalan tol di Jawa Timur ditutup sementara selama PPKM darurat.

Kepala Satuan Patroli Jalan Raya Kepolisian Daerah Jawa Timur AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan, pintu keluar Gerbang Tol Sidoarjo serta Gerbang Tol Lawang sampai Pakis dan Kedungkandang/Madyopuro di Malang ditutup sementara mulai Senin, kemarin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.