Ditargetkan Berlaku mulai Agustus, Ini Golongan Baru SIM C

Kompas.com - 13/07/2021, 13:51 WIB
Cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM  polri.go.idCara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri menargetkan pemberlakuan golongan surat izin mengemudi (SIM) motor atau SIM C mulai diimplementasikan pada Agustus 2021.

Hal ini disampaikan oleh Kasi Standar Pengemudi Subdit SIM Regident Korlantas Polri AKBP Arief Budiman saat melakukan sosialisasi penggolongan SIM C via kanal YouTube NTMC.

"Aturan diundangkan per Februari 2021, kita punya masa sosialisasi minimal enam bulan sambil mempersiapkan sarana dan prasarana bagi petugas di Satpas. Target kita di Agustus aturan ini sudah bisa diimplementasikan," ucap Arief, Senin (13/7/2021).

Baca juga: Lebih Cepat, Penggolongan SIM C Ditargetkan Berlaku Bulan Depan

Perlu diketahui, dalam Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 yang diterbitkan pada Februari lalu, disebutkan bahwa untuk SIM motor akan dibagi tiga golongan yang didasari dari kapasitas mesin.

Pelatihan Safety Riding WahanaFoto: Istimewa Pelatihan Safety Riding Wahana

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk rinciannya sebagai berikut:

  • SIM C, berlaku untuk pengemudi motor dengan kapasitas silinder mesin sampai dengan 250 cc.
  • SIM CI, berlaku untuk pengemudi motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 250 cc sampai dengan 500 cc atau kendaraan bermotor sejenis yang menggunakan daya listrik.
  • SIM CII, berlaku untuk pengemudi motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc atau kendaraan bermotor sejenis yang menggunakan daya listrik.

Meski sudah ada penggolongan, Arief mengatakan, untuk mekanisme penerbitannya tetap harus dilalui dengan kepemilikan SIM C lebih dulu.

 

Bila sudah satu tahun, baru bisa naik ke CI. Demikian juga untuk permohonan CII, harus memiliki CI lebih dulu selama satu tahun.

Baca juga: Pentingnya Penggolongan SIM Motor di Indonesia

Ilustrasi komunitas moge saat melakukan touring.Foto: B’Brothers Indonesia Ilustrasi komunitas moge saat melakukan touring.

Tiap permohonan kenaikan golongan SIM, pemohon bakal diwajibkan untuk melakukan ujian tes kembali. Hal ini lantaran secara kompetensinya antara motor di bawah dan di atas 250 cc berbeda.

"Tidak bisa langsung, memang harus berjenjang mulai dari SIM C dulu, lalu ke CI, dan CII. Masing-masing itu satu tahun yang jaraknya," ucap Arief.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Aturan Terbaru Soal Penggolongan SIM

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.