Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Kunci Motor Jadi Keyless, Berapa Biayanya?

Kompas.com - 11/06/2021, 10:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Produsen saat ini sedang ramai menambahkan teknologi keyless atau smart key yang diaplikasikan ke sepeda motor baru. Fitur ini dinilai lebih aman dari pencurian motor dan menambah kesan mewah.

Fitur ini dilengkapi dengan remot jarak jauh sehingga pengguna tidak perlu memasukkan anak kunci ke kontak, cukup membawa kunci dan jangan terlalu jauh dari motor maka sepeda motor dapat dinyalakan.

Baca juga: Biaya dan Syarat Perpanjang SIM A dan C per Juni 2021

Untuk motor yang belum menggunakan kunci keyless, bisakah dipasangi kunci pintar dan berapa biayanya?

Remote kontak keyless aftermarketKOMPAS.com/Gilang Remote kontak keyless aftermarket

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, motor yang belum menggunakan sistem smart key sebenarnya bisa diubah menjadi sistem tanpa kunci, namun ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan.

Baca juga: Berapa Biaya Bikin SIM CI dan CII?

"Pada prinsipnya motor yang belum menggunakan sistem keyless dapat dirubah menjadi sistem keyless (Smart Key System). Namun penggantian part-partnya cukup banyak dan biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit," kata Anton kepada Kompas.com, Kamis (10/6/2021).

Anton menjelaskan beberapa part atau komponen yang harus diubah untuk menjadikan sistem keyless cukup banyak. Misalnya pada motor Nmax, beberapa komponen yang perlu dirubah antara lain Smart Key dan remot, Reciever, SGCU,CCU, Wire Harness, Speedometer, dan beberapa komponen lainnya.

Honda SH150i mengadopsi teknologi smart key system.Istimewa Honda SH150i mengadopsi teknologi smart key system.

Total biaya yang harus dikeluarkan untuk merubah motor Nmax standar menjadi sistem keyless ditaksir memerlukan biaya sekitar Rp 8 jutaan. Untuk itu konsumen yang menginginkan motor dengan sitem keyless lebih baik membeli tipe yang sudah dilengkapi smart key.

Baca juga: Pendapat Penumpang Soal Pengamen dan Pedagang Asongan Masuk Bus

"Jadi apabila konsumen menginginkan memiliki motor yang ada smart key systemnya, konsumen bisa langsung membeli tipe yang sudah dilengkapi smart key system. Beda harganya hanya Rp 1.250.000 antara Nmax standar sama yang sudah connected," ucap Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com