Jangan Tertipu, Ini Cara Bedakan Helm Asli dengan Replika

Kompas.com - 11/06/2021, 06:32 WIB
Promo helm di IIMS 2021 KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANIPromo helm di IIMS 2021

JAKARTA,KOMPAS.com - Helm merupakan komponen wajib sekaligus penting bagi pengendara sepeda motor. Fungsinya menjaga keamanan dan keselamatan pada saat terjadi benturan pada kepala pengendara.

Untuk itu, kualitas helm juga harus diperhatikan agar benar-benar aman. Jangan sampai membeli helm replika atau helm palsu yang belum tentu terjamin standar keselamatannya.

Baca juga: Pendapat Penumpang Soal Pengamen dan Pedagang Asongan Masuk Bus

Ahmad M, pegiat dari komunitas belajar helm mengatakan, ada beberapa cara untuk membedakan helm asli dengan helm tiruan atau replika.

"Sebenarnya untuk helm asli dan KW biasanya dari quality controlnya sudah jauh berbeda, baik dari bentuk, bahan, dan juga innernya," kata Ahmad kepada Kompas.com, Kamis (10/6/2021).

Helm CarglossHelm Cargloss Helm Cargloss

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ahmad juga menjelaskan, untuk saat ini sudah ada helm palsu yang sudah menyerupai aslinya. Untuk itu pembeli sebaiknya mencari informasi di web penyedia helm aslinya baik dari bentuk dan detail helmnya.

Baca juga: Biaya dan Syarat Perpanjang SIM A dan C per Juni 2021

"Lebih baik lagi kalau tidak mau tertipu ya silahkan pergi ke autorized dealer helm-helm yang sudah ternama," ucap Ahmad.

Perbedaan pertama yang bisa dirasakan adalah dari berat helmnya, helm asli pada umumnya memiliki berat yang seimbang dan pas, tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan. Sedangkan helm palsu biasanya terlalu ringan atau terlalu berat dan tidak nyaman saat digunakan.

Kedua, biasanya beberapa merek helm terkenal memberikan nomor seri terhadap helm yang dibuatnya. Bisa dilihat dari label di helm ketika membeli di toko, jika ada yang sama berarti helm tersebut palsu.

Helm CarglossHelm Cargloss Helm Cargloss

Ketiga, kualitas bahan helm asli biasanyak kuat dan kokoh. Dengan cara mengetok helm dengan tangan bisa dapat membedakan helm palsu atau asli.

Keempat, periksa kualitas busa dan inner helm. Bisa dirasakan ketika mencoba memakai helm tersebut busa akan terasa nyaman dan tidak membuat telinga sakit.

Baca juga: Berapa Biaya Bikin SIM CI dan CII?

Terakhir periksa juga panel visor helm, kualitas panel visor atau kaca helm yang asli pasti terbuat dari bahan polycarbonate, bahannya sangat lentur dan tidak mudah untuk pecah. Sedangkan yang KW pastinya akan terbuat dari bahan akrilik yang sangat rentan pecah.

"Kerugian ketika memakai helm palsu yang jelas tidak ada sertifikasinya. Sertifikasi helm itu gunanya untuk menunjukkan helm sudah melalui standar yang telah ditetapkan. Aman digunakan di jalan raya ketika terjadi benturan karena sudah teruji," kata Ahmad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.